Siapa Sivakorn Pu-udom? Petugas VAR Laga Indonesia vs Irak asal Thailand di Piala Asia 2023
Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-udom. (Dok. Tuoitre.vn)
17:42
16 Januari 2024

Siapa Sivakorn Pu-udom? Petugas VAR Laga Indonesia vs Irak asal Thailand di Piala Asia 2023

Mengenal lebih jauh sosok Sivakorn Puudom, wasit asal Thailand dan petugas VAR di laga Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 yang belakangan mendapat sorotan tajam.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia baru saja menuntaskan laga perdananya di Piala Asia 2023 dengan kekalahan 1-3 dari Irak, Senin (15/1) malam WIB.

Dalam laga tersebut, Irak berhasil mencetak tiga gol lewat Mohanad Ali (17’), Osama Rashid (45+7’), dan Aymen Hussein (75’), yang dibalas Timnas Indonesia lewat Marselino Ferdinan (37’).

Meski pertandingan telah usai, duel tersebut masih menjadi perdebatan, terutama soal gol kedua Irak yang dicetak oleh Osama Rashid.

Golnya di Injury Time babak pertama itu mengundang kontroversi karena adanya pelanggaran Offside dalam proses golnya tersebut.

Dalam prosesnya, Mohanad Ali sempat berada dalam posisi Offside. Tapi hakim garis mengindahkan pelanggaran tersebut dan membuat permainan dilanjutkan yang berujung gol untuk Osama Rashid.

Wasit utama yakni Ilgiz Tantashev sejatinya sudah berkomunikasi dengan petugas VAR atas proses gol tersebut. Tapi pada akhirnya, gol kontroversial itu tetap disahkan olehnya.

Tak ayal, wasit VAR yang bertugas yakni Sivakorn Pu-udom mendapat sorotan karena tak meminta wasit utama untuk menganalisa proses gol tersebut melalui layar yang tersedia.

Lantas, siapakah sosok Sivakorn Pu-udom itu? Bagaimana sepak terjangnya di kancah wasit selama ini?

Wasit VAR Piala Dunia U-20 2023

Sivakorn Pu-udom merupakan wasit asal Thailand yang lahir di Samut Sakhon pada 26 November 1987 atau saat ini berusia 36 tahun.

Ia merupakan salah satu wasit ternama di Thailand karena mengantongi lisensi FIFA dan menjadi bagian wasit elit induk sepak bola dunia tersebut.

Tercatat, kiprahnya sebagai wasit sudah berlangsung sejak lama di kancah domestik. Hanya saja, dirinya sudah merambah kancah internasional pada 2013.

Pada tahun tersebut, Sivakorn menjadi wasit di Liga China serta Liga Vietnam dan juga menjadi wasit di laga-laga persahabatan antar negara.

Setelahnya, nama Sivakorn kerap dipercaya di ajang-ajang bergengsi seperti SEA Games, Kejuaraan Asia Timur, Kejuaraan Asia Selatan, dan sederet kompetisi Asia lainnya seperti Piala AFC dan Liga Champions AFC.

Sepak terjangnya itu juga membuat Sivakorn dipercaya memimpin laga-laga Kualifikasi Piala Dunia karena statusnya sebagai wasit elite FIFA sejak tahun 2013.

Sedangkan kiprah Sivakorn sebagai wasit VAR sendiri diketahui bermula sejak Piala Dunia U-20, di mana ia menjadi wasit VAR dari Asia bersama dua wasit lainnya.

Jika dilihat dari pertandingan yang pernah ia pimpin, tercatat Sivakorn telah memimpin 267 pertandingan dengan memberikan 1102 kartu kuning, 54 kartu merah, dan 79 penalti.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #sivakorn #udom #petugas #laga #indonesia #irak #asal #thailand #piala #asia #2023

KOMENTAR