Wasit Sahkan Gol Offside Irak, STY Yakin Timnas Indonesia Bisa Menang jika Kejadian Itu Tak Terjadi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong (pssi.org)
11:12
16 Januari 2024

Wasit Sahkan Gol Offside Irak, STY Yakin Timnas Indonesia Bisa Menang jika Kejadian Itu Tak Terjadi

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong yakin jalannya pertandingan bisa berbeda andai wasit tidak sahkan gol Irak yang berbau offside. Bahkan, skuad Garuda ada kans bisa memenangi pertandingan tersebut.

Timnas Indonesia dibungkam Irak 1-3 dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Senin (16/1/2024) malam WIB. Gol kedua yang diciptakan Irak berbau kontroversi.

Terlihat dalam tayangan ulang pemain Irak terlebih dahulu dalam posisi offside, sebelum memasukan bola ke gawang. Wasit tetap sahkan gol itu meski sudah dicek VAR.

Shin Tae-yong tidak mau terlalu banyak membuat alasan mengenai kekalahan timnya. Tapi, jika gol kedua Irak tidak terjadi, ia yakin jalannya pertandingan akan berbeda.

"Kami tidak mau membuat alasan. Anda tahu Irak mendominasi permainan, mereka lebih baik dari kami sejujurnya," kata Shin Tae-yong dilansir dari Sports Seoul, Selasa (16/1/2024).

"Tetapi jika tidak ada gol kedua itu, di mana kesalahan dibuat wasit, itu akan berbeda,” sambung pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong menambahkan bahwa Timnas Indonesia tidak tampil buruk. Oleh sebab itu, ia percaya skuad Garuda mampu bermain imbang melawan Irak, bahkan menang.

“Walau Irak relatif lebih kuat dari kami, kami bisa menunjukkan performa kami. Skor bisa saja seri atau kami bisa menang. Masih panjang bagi kami untuk ke 16 besar. Dua lawan selanjutnya, Vietnam dan Jepang adalah tim kuat," ucapnya.

“Saya punya pengalaman di Piala Dunia 2018 di Rusia. Tidak ada yang mengunggulkan, tetapi kami tetap berusaha. Satu, kami menang atas Jerman, yang merupakan tim besar. Kami tidak menyerah dan menerima tantangan itu,” pungkasnya.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #wasit #sahkan #offside #irak #yakin #timnas #indonesia #bisa #menang #jika #kejadian #terjadi

KOMENTAR