Bobol Irak, Gol Marselino Ferdinan Berjarak 16 Tahun dari Elie Aiboy di Piala Asia
Gelandang timnas Indonesia #07 Marselino Ferdinan (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol pertama timnya pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Irak di Stadion Ahmad bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha pada 15 Januari , 2024. KARIM JAAFAR / AFP.
05:24
16 Januari 2024

Bobol Irak, Gol Marselino Ferdinan Berjarak 16 Tahun dari Elie Aiboy di Piala Asia

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan mencatatkan sejarah setelah membobol gawang Irak dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1/2024) malam WIB.

Gol klinis yang membawa Timnas Indonesia menyamakan kedudukan 1-1 kontra Irak, merupakan yang pertama diciptakan pemain Timnas Indonesia di Piala Asia sejak Elie Aiboy pada edisi 2007 silam.

Marselino Ferdinan mencetak gol setelah memanfaatkan umpan silang mendatar sempurna yang dilepaskan Yakob Sayuri yang dalam prosesnya mengacak-acak lini belakang Irak.

Gelandang timnas Indonesia #07 Marselino Ferdinan berebut bola dengan bek Irak #03 Hussein Ali dan #20 Osama Rashid pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Irak di Stadion Ahmad bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha pada 15 Januari , 2024.KARIM JAAFAR / AFPGelandang timnas Indonesia #07 Marselino Ferdinan berebut bola dengan bek Irak #03 Hussein Ali dan #20 Osama Rashid pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Irak di Stadion Ahmad bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha pada 15 Januari , 2024.KARIM JAAFAR / AFP

Itu merupakan kali pertama Timnas Indonesia mencetak gol di Piala Asia sejak Elie Aiboy ketika Timnas Indonesia kalah 1-2 dari Arab Saudi pada 14 Juli 2007 lalu.

Pada Piala Asia 2007, Timnas Indonesia yang berstatus sebagai salah satu tuan rumah bersama Vietnam, Malaysia dan Thailand, harus terhenti di fase grup.

Timnas Indonesia menang 2-1 atas Bahrain di laga perdana lewat gol-gol Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas. Setelahnya, mereka kalah 1-2 dari Arab Saudi di mana Elie Aiboy mencetak satu-satunya gol pada menit ke-17.

Sementara ketika melawan Korea Selatan pada matchday terakhir Grup D, Timnas Indonesia tak mampu mencetak gol dalam laga yang berakhir 1-0 untuk kemenangan Taeguk Warriors.

Gelandang timnas Indonesia #07 Marselino Ferdinan (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol pertama timnya pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Irak di Stadion Ahmad bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha pada 15 Januari , 2024.KARIM JAAFAR / AFP.Gelandang timnas Indonesia #07 Marselino Ferdinan (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol pertama timnya pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Irak di Stadion Ahmad bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha pada 15 Januari , 2024.KARIM JAAFAR / AFP.

Alhasil, Marselino Ferdinan tercatat dalam sejarah sebagai pemain pertama Timnas Indonesia di Piala Asia dalam 16 tahun terakhir di mana pada periode itu skuad Garuda memang tak pernah lolos ke turnamen akbar antar negara-negara Benua Kuning tersebut.

Saat berita ini tayang, Timnas Indonesia tertinggal 1-2 dari Irak. Laga tengah memasuki jeda di mana Garuda bakal berusaha mencetak gol di babak kedua.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D pada Piala Asia 2023 bersama Irak, Jepang dan Vietnam. PSSI menargetkan Garuda untuk setidaknya lolos ke babak 16 besar.

Setelah melawan Irak, Timnas Indonesia dijadwalkan melawan Vietnam pada 19 Januari mendatang sebelum memainkan laga pamungkas Grup D kontra Jepang lima hari berselang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #bobol #irak #marselino #ferdinan #berjarak #tahun #dari #elie #aiboy #piala #asia

KOMENTAR