Sebelum Timnas Indonesia U-23, Nasrullo Kabirov Pernah Hadiahkan 3 Penalti di Satu Pertandingan untuk Qatar
Wasit laga Qatar vs Indonesia, Nasrullo Kabirov. (Dok. Asiaplustj.info)
12:00
17 April 2024

Sebelum Timnas Indonesia U-23, Nasrullo Kabirov Pernah Hadiahkan 3 Penalti di Satu Pertandingan untuk Qatar

Wasit bernama Nasrullo Kabirov jadi sorotan karena dianggap menguntungkan Qatar saat melawan timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23. Ternyata ini bukan pertama kali baginya memberikan hadiah penalti ke tim berjuluk The Maroon.

Timnas Indonesia U-23 tumbang lawan Qatar di laga perdana Piala Asia U-23 2024, Senin (15/4/2024). Anak asuh Shin Tae-yong kalah dengan skor 0-2.

Gol pertama Qatar tercipta dari penalti kontroversial usai duel Rizky Ridho dengan striker lawan. Kemudian gol kedua terciptan dari eksekusi tendangan bebas.

Nasrullo Kabirov juga menjadi sorotan di laga ini karena keputusannya yang condong menguntungkan tuan rumah. Misalnya ia memberikan kartu merah ke Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta.

Alhasil banyak pecinta sepak bola murka dengan melampiaskan komentar ke akun Instagram Federasi Sepak Bola Qatar, AFC, hingga sang wasit.

Menariknya, usut punya usut ini bukan pertama kalinya Kabirov menguntungkan Qatar. Pasalnya wasit asal Tajikistan ini pernah memberikan tiga hadiah penalti dalam satu pertandingan untuk The Maroon.

Momen ini terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 saat Qatar melawan Afghanistan pada 16 November 2023 lalu. Mereka menang dengan skor telak 8-1.

Tiga gol diantaranya tercipta dari titik putih. Almoez Ali mengeksekusi dua kali dan satu lainnya adalah Ahmed Allaeldin.

Tidak hanya memberikan penalti, Kabirov juga mengeluarkan lima kartu kuning dalam laga itu dan semuanya dilayangkan untuk Afghanistan.

Berkaca dari momen itu, keuntungan yang didapatkan Qatar ketika melawan timnas Indonesia U-23 ternyata bukan yang pertama kali ketika dipimpin oleh Nasrullo Kabirov.

Editor: Arif Budi

Tag:  #sebelum #timnas #indonesia #nasrullo #kabirov #pernah #hadiahkan #penalti #satu #pertandingan #untuk #qatar

KOMENTAR