Ribuan Suporter Geruduk Stadion Ahmad bin Ali Demi Dukung Timnas Indonesia Lawan Irak di Piala Asia 2023
Para pemain Timnas Indonesia berlatih jelang turnamen Piala Asia 2023 (pssi.org)
20:42
15 Januari 2024

Ribuan Suporter Geruduk Stadion Ahmad bin Ali Demi Dukung Timnas Indonesia Lawan Irak di Piala Asia 2023

Ribuan suporter dari diaspora Indonesia akan memadati Stadion Ahmad bin Ali di Doha, Qatar, untuk menyaksikan secara langsung pertandingan timnas Indonesia vs Irak.

Kehadiran ribuan diaspora Indonesia itu merupakan arahan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Doha, Qatar, bekerja sama dengan Ultras Garuda Qatar.

Mereka memobilisasi ribuan suporter Indonesia dan mengatur penempatan kursi untuk memberikan dukungan masif kepada tim asuhan Shin Tae-yong yang punya misi mencuri poin di laga ini.

Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Doha, Ali Murtado, menyatakan bahwa mereka telah menyiapkan sejumlah hiburan budaya Indonesia di berbagai lokasi seperti Katara, Doha Expo, Fan Zone Stadium, dan Pavilion Indonesia di Lusail Boulevard.

Inisiatif ini bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia selama turnamen sepak bola Piala Asia.

"Sekurangnya 32 pertunjukan budaya Indonesia digelar di beberapa titik seperti Katara, Doha Expo, Fan Zone Stadium, dan di Pavilion Indonesia di Lusail Boulevard," Ali memaparkan.

Skuat Timnas Indonesia (pssi.org)Skuat Timnas Indonesia (pssi.org)

Pertandingan timnas Indonesia melawan Irak menjadi laga perdana kedua tim dalam fase penyisihan Grup D Piala Asia 2023.

Laga ini begitu dinantikan para pecinta sepak bola Tanah Air mengingat ini merupakan pertandingan pertama Timnas Indonesia di Piala Asia sejak kali terakhir tampil pada edisi 2007 silam.

Sebelum pertandingan, Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia, menyatakan bahwa timnya akan tampil berbeda dibanding pertemuan sebelumnya dengan Irak.

Sebagai informasi, skuad Garuda digulung 1-5 dalam pertemuan terakhir kontra Singa Mesopotamia dalam laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada November lalu.

"Kali ini kami akan tunjukkan performa yang berbeda. Saya tidak bisa menebak hasil akhirnya, tapi kalian akan bisa melihat perubahan dan akhir yang berbeda dari (pertandingan) sebelumnya," ungkap coach Shin dalam konferensi pers di Doha, Minggu (14/1/2024).

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #ribuan #suporter #geruduk #stadion #ahmad #demi #dukung #timnas #indonesia #lawan #irak #piala #asia #2023

KOMENTAR