Gertak Pelatih Irak, Sebut Timnas Indonesia Pasti Kalah Jika Ulangi Kesalahan Ini
Pelatih timnas Irak Jesus Casas (ANTARA/Twitter Iraq Football Podcast)
15:48
15 Januari 2024

Gertak Pelatih Irak, Sebut Timnas Indonesia Pasti Kalah Jika Ulangi Kesalahan Ini

Pelatih timnas Irak, Jesus Casas menggertak Timnas Indonesia jelang bentrok kedua tim dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Casas menyebut Timnas Indonesia dipastikan kalah andai mengulangi kesalahan yang sama dalam pertemuan terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada November lalu.

"Kami akan menghadapi setiap pertandingan satu demi satu," kata Jesus Casas dikutip dari Shafaq, Senin (15/1/2024).

"Jika Indonesia menggunakan taktik yang sama seperti saat melawan kami [dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026] di Basra, kami akan menang dan kami akan memberi tekanan kepada mereka sepanjang pertandingan," tambahnya.

Pernyataan Jesus Casas bukan tanpa alasan. Irak, yang secara ranking FIFA unggul jauh dari Indonesia yakni peringkat 63 berbanding 146, berhasil membantai skuad Garuda pada pertemuan November lalu.

Tidak tanggung-tanggung, tim berjuluk Singa Mesopotamia itu mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor telak 5-1 dalam pertandingan di Stadion Basra pada 16 November silam.

Pertandingan Irak vs Timnas Indonesia dalam matchday pertama Grup A putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Internasional Basra, Kamis (16/11/2023). [Dok. PSSI]Pertandingan Irak vs Timnas Indonesia dalam matchday pertama Grup A putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Internasional Basra, Kamis (16/11/2023). [Dok. PSSI]

Dalam laga itu, pelatih Shin Tae-yong menginstrukksikan Timnas Indonesia untuk tampil lebih bertahan. Tekanan tinggi Irak pada akhirnya bikin lini belakang Garuda blunder hingga habis dibobol lawan.

Meski punya modal positif, Casas menegaskan tak ingin meremehkan Timnas Indonesia dengan asumsi tim Merah Putih bakal menunjukkan peningkatan performa di laga nanti.

"Setiap pertandingan berbeda. Dua bulan lalu kami bermain di Basra dan atmosfernya berbeda, ketika itu situasinya lebih menguntungkan kami," kata Jesus Casas.

"Tapi, laga pertama melawan Indonesia akan sulit karena mereka tim yang sedang berkembang."

Duel Timnas Indonesia menghadapi Irak dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 dijadwalkan berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan.

Merujuk wawancara dengan media Korea Selatan, Sports Seoul, Shin Tae-yong menargetkan setidaknya meraih hasil imbang dalam laga ini.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #gertak #pelatih #irak #sebut #timnas #indonesia #pasti #kalah #jika #ulangi #kesalahan

KOMENTAR