Ada Kans Buat Menang, Shin Tae-yong Anggap Tidak Ada Jaminan Irak Bisa Kalahkan Timnas Indonesia
Pelatih timnas sepak bola Indonesia Shin Tae-yong saat memberikan penjelasan persiapan menghadapi Irak pada penyisihan Grup D Piala Asia 2023 di Doha, Qatar, Minggu. (ANTARA/Roy Rosa Bachtiar)
13:12
15 Januari 2024

Ada Kans Buat Menang, Shin Tae-yong Anggap Tidak Ada Jaminan Irak Bisa Kalahkan Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong atau STY merasa tidak ada jaminan bagi Irak bisa mengalahkan timnya. Meski harus diakui perbedaan ranking FIFA Timnas Indonesia dan Irak sangat jauh.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Senin (15/1/2024) malam WIB. Tentu kedua tim akan habis-habisan supaya bisa memenangi pertandingan.

Timnas Indonesia sama sekali tidak dijagokan bisa mengalahkan Irak. Shin Tae-yong pun mengakui di atas kertas anak asuhannya kalah dari Irak.

"Saya setuju bahwa ada selisih ranking yang sangat besar antara Irak dan Timnas Indonesia. Tentu saja, kemampuan kami juga berbeda (dengan Irak), semua orang tahu itu dan saya harus mengakuinya," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum laga, Minggu (14/1/2024).

Menurut update terbaru, ranking FIFA Timnas Indonesia ada di posisi 146. Sedangkan Irak jauh di atasnya yakni peringkat ke-63.

Dari rekor pertemuan pun Timnas Indonesia tidak bagus. Seperti pada pertemuan terakhir di mana tim Merah Putih kalah 1-5 di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada November lalu.

Shin Tae-yong menegaskan catatan-catatan itu tidak menjamin Irak bisa mengalahkan Timnas Indonesia.

Apapun bisa terjadi dalam pertandingan sepak bola.

Apalagi, juru taktik asal Korea Selatan itu berjanji anak asuhannya akan tampil sangat baik. Kemenangan diincar demi menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

"Jadi tidak ada jaminan 100 persen kami bakal kalah melawan Irak besok. Bola itu bundar. Soal pertandingan besok, saya tidak tahu, Anda tidak tahu, siapa pun tidak tahu bagaimana hasilnya," jelasnya.

ami adalah tim (dengan rata-rata usia) termuda di grup kami dan relatif lebih lemah. Namun, tetap saya bisa katakan bahwa tim kami punya potensial dan kami sedang mencoba membangun, bukan hanya performa, tetapi juga kepercayaan diri," pungkasnya.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #kans #buat #menang #shin #yong #anggap #tidak #jaminan #irak #bisa #kalahkan #timnas #indonesia

KOMENTAR