5 Pencapaian Negara ASEAN di Piala Asia U-23: Timnas Indonesia U-23 Baru Pertama
Skuad Timnas Indonesia U-23. (pssi.org)
11:12
4 April 2024

5 Pencapaian Negara ASEAN di Piala Asia U-23: Timnas Indonesia U-23 Baru Pertama

Kiprah negara-negara Asia Tenggara alias ASEAN di Piala Asia U-23 meninggalkan sejumlah catatan. Timnas Indonesia U-23 memang berstatus sebagai peserta yang punya catatan paling miris dibandingkan pesaingnya.

Timnas Indonesia U-23 memang berpeluang besar mengukir sejarah baru di Piala Asia U-23 2024. Sebagai informasi, ini adalah partisipasi pertama skuad Garuda Muda. Catatan ini tentu jadi sorotan tersendiri dibanding negara-negara ASEAN lainnya.

Sebab, sudah ada empat peserta asal Asia Tenggara yang lebih dahulu mengukir penampilannya di kejuaraan ini. Vietnam dan Thailand menjadi tim yang selalu lolos ke putaran final sejak pertama kali bergulir pada 2013.

Bedanya, Vietnam punya prestasi yang paling membanggakan. Sebab, mereka berhasil melaju sampai babak final, tepatnya ketika mereka masih diasuh oleh Park Hang-seo pada Piala Asia U-23 2018.

Namun, saat itu Nguyen Quang Hai dan kawan-kawan harus kalah dramatis dari Uzbekistan di babak puncak. Mereka harus puas dengan status runner-up setelah kalah dengan skor tipis 1-2 lewat drama perpanjangan waktu.

Sementara itu, dari lima partisipasinya di Piala Asia U-23, Thailand paling mentok sukses melaju hingga babak perempat final. Prestasi itu diukir oleh skuad muda The War Elephant ini pada edisi 2020.

Berikutnya, ada Malaysia yang sudah tercatat tiga kali berpartisipasi pada 2013, 2018, dan 2022. Dari semua catatan ini, prestasi terbaik skuad Harimau Malaya Muda tersaji pada edisi 2018 karena lolos ke babak perempat final.

Negara asal ASEAN lainnya yang pernah mengukir partisipasi di kejuaraan ini adalah Myanmar. Momen itu tersaji pada edisi 2013. Namun, ketika itu mereka justru menjadi bulan-bulanan lawannya di fase grup.

Tergabung di Grup A, Myanmar harus menjadi lumbung gol saat menghadapi Oman (0-4), Korea Selatan (0-3), dan Yordania (1-6). Artinya, mereka tercatat hanya bisa mencetak satu gol serta kebobolan 13 kali.

Bagi Timnas Indonesia U-23, ajang Piala Asia U-23 2024 ini menjadi momen yang bersejarah. Sebab, ini adalah kali pertama bagi skuad Garuda Muda bisa merebut tiket lolos ke putaran final.

Jika dibandingkan dengan kontestan lainnya, skuad Garuda Muda menjadi satu-satunya debutan di edisi kali ini. Ini menjadi kesempatan bagi anak asuh Shin Tae-yong untuk mengukir sejarah baru di ajang Piala Asia U-23.

Pencapaian Terbaik Negara ASEAN di Piala Asia U-23

Vietnam: 5 Kali Partisipasi, Runner-up (2018)

Thailand: 5 Kali Partisipasi, Perempat Final (2020)

Malaysia: 3 Kali Partisipasi, Perempat Final (2018)

Myanmar: 1 Kali Partisipasi, Fase Grup (2013)

Indonesia: Pertama Kali Partisipasi di 2024

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pencapaian #negara #asean #piala #asia #timnas #indonesia #baru #pertama

KOMENTAR