Eks Pelatih Timnas Italia Dikabarkan Lamar Posisi Nahkoda Baru Vietnam, Penasaran Lawan Timnas Indonesia?
Pelatih Shenzhen FC, Roberto Donadoni. (STR/AFP).
18:48
31 Maret 2024

Eks Pelatih Timnas Italia Dikabarkan Lamar Posisi Nahkoda Baru Vietnam, Penasaran Lawan Timnas Indonesia?

Mantan pelatih timnas Italia, Roberto Donadoni dikabarkan menjadi salah satu juru taktik yang mengajukan lamaran ke Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) untuk menggantikan posisi Philippe Troussier.

Posisi pelatih kepala Vietnam kosong usai Philippe Troussier dipecat. Hal itu karena Golden Star Warriors kalah dua kali melawan timnas Indonesia.

Setelah memecat Troussier, Vietnam ternyata tidak sepi peminat. Sejauh ini dikabarkan ada empat nama yang melamar untuk mengisi kekosongan pelatih ini.

Melansir dari Vietnam Sports News, nama kejutannya adala Roberto Donadoni. Ia merupakan eks pelatih timnas Italia pada Euro 2008 lalu yang menggantikan peran Marcello Lippe.

"Pelatih Italia, Roberto Donadoni punya karier cemerlang. Ia seorang gelandang dengan catatan 390 penampilan di Serie A dan mencetak 23 gol," tulis laporan media Vietnam.

"Ia memimpin timnas Italia di Euro 2008 menggantikan Marcello Lippe. Pengalaman Donadoni yang kaya dalam sepak bola menempatkannya sebagai pesaing kuat untuk pekerjaan pelatih (Vietnam)," imbuhnya.

Menukil dari Transfermarkt, Donadoni memang punya pengalaman melatih di Italia. Ia sempat menangani Livorno, Genoa, Cagliari, Parma, Bologna, hingga Napoli.

Pada akhirnya Donadoni memilih hengkang ke China menangani Shenzhen FC. Namun, kariernya di Asia tidak berjalan mulus.

Kini pelatih berusia 60 tahun ini masih menganggur. Ia dirumorkan telah melamar untuk menangani Vietnam.

Apakah ia juga penasaran untuk bertemu timnas Indonesia karena Vietnam kerap bentrok dengan skuad Garuda.

Sementara itu, selain Donadoni ada juga tiga nama yang melamar untuk menjadi pelatih Vietnam. Mereka adalah Luisma Hernandez, Kim Do-hoon, dan Kim Sang-sik.

Editor: Arif Budi

Tag:  #pelatih #timnas #italia #dikabarkan #lamar #posisi #nahkoda #baru #vietnam #penasaran #lawan #timnas #indonesia

KOMENTAR