Kisah Momen Kritis Shin Te-yong Hadapi 10 Pemain Timnas Indonesia Demam hingga Masuk Rumah Sakit Jelang Lawan Vietnam
Shin Tae-yong (pssi.org)
09:30
30 Maret 2024

Kisah Momen Kritis Shin Te-yong Hadapi 10 Pemain Timnas Indonesia Demam hingga Masuk Rumah Sakit Jelang Lawan Vietnam

Timnas Indonesia mencatat kemenangan gemilang atas Vietnam dengan skor 3-0 di Stadion My Dinh Hanoi pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Selasa (26/3/2024), mengakhiri kutukan 20 tahun tak pernah menang di markas Vietnam.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan strategi brilian di balik kemenangan ini, mengatasi absennya beberapa pemain akibat demam.

Menyusul pertandingan pertama di Indonesia, 10 pemain terkena demam, bahkan ada yang harus dirawat di rumah sakit.

"Jadi begitu selesai pertandingan pertama lawan Vietnam di Indonesia, memang ada 10 pemain yang demam sampai ada pemain yang masuk rumah sakit," ujarnya.

Shin Tae-yong mengungkapkan pendekatan tak terduga jelang pertandingan di Hanoi, dengan hanya melakukan pengkondisian daripada latihan.

"Situasi yang buruk bagi Indonesia saat itu tetapi saya minta ke para pemain sampai PSSI agar bisa menjadi satu karena pertandingan lawan Vietnam di Hanoi sangat penting," tambahnya.

Beberapa pemain Timnas Indonesia dalam kondisi kurang fit setelah pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (21/3/2024).

Beberapa di antaranya, seperti Ivar Jenner, Pratama Arhan, dan Nadeo Argawinata, harus absen saat bertandang ke Vietnam.

Meskipun mengalami demam, Rafael Struick tetap diterbangkan ke Hanoi sehari sebelum pertandingan.

Dampak dari kondisi fisik yang kurang baik, Timnas Indonesia terpaksa memanggil sejumlah pemain yang sebelumnya tidak masuk dalam skuad untuk pertandingan pertama melawan Vietnam.

Ernando Ari dan Rachmat Irianto yang sebelumnya tidak dipanggil, akhirnya diterbangkan ke Hanoi untuk mengisi komposisi Timnas Indonesia.

Kedua pemain ini baru-baru ini sembuh dari cedera yang dialami saat membela klubnya. Perubahan strategi dan keputusan taktis ini membawa kemenangan gemilang bagi Timnas Indonesia, mengakhiri penantian 20 tahun mereka untuk meraih kemenangan di markas Vietnam.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #kisah #momen #kritis #shin #yong #hadapi #pemain #timnas #indonesia #demam #hingga #masuk #rumah #sakit #jelang #lawan #vietnam

KOMENTAR