Shin Tae-yong Akui Pemain Naturalisasi Bikin Timnas Indonesia Makin Kuat
Shin Tae-yong (Instagram/Shin Tae-yong)
22:54
27 Maret 2024

Shin Tae-yong Akui Pemain Naturalisasi Bikin Timnas Indonesia Makin Kuat

Pelatih Shin Tae-yong mengakui pemain naturalisasi bikin Timnas Indonesia semakin kuat. Juru formasi asal Korea Selatan itu mengakui pemain keturunan memberikan warna tersendiri di skuad Garuda.

Adapun Timnas Indonesia memang sedang dalam sorotan. Itu setelah mengalahkan Vietnam 3-0 di matchday keempat grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB.

Pemain naturalisasi menghiasi skuad Timnas Indonesia di laga tersebut. Sebut saja Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, Nathan Tjoe-A-On, dan Thom Haye.

"Dengan adanya pemain naturalisasi menjadikan (timnas Indonesia) semakin kuat," kata Shin Tae-yong kepada awak media, Rabu (27/3/2024).

Kemenangan Timnas Indonesia di Hanoi memang spesial. Tim Merah Putih berhasil memutus tren negatif yang tak pernah menang dalam 20 tahun terakhir.

Shin Tae-yong sempat khawatir dengan kondisi anak asuhnya untuk pertandingan di Vietnam. Pasalnya, 10 pemain berada dalam kondisi sakit yang tentu berdampak besar terhadap kondisi tim jelang melawat ke kandang Vietnam.

Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, 26 Maret 2024. [AFP]Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, 26 Maret 2024. [AFP]

"Setelah selesai pertandingan Indonesia melawan Vietnam, memang ada 10 pemain yang sakit juga, jadi saya menduga pertandingan kedua ini akan sulit," ucap Shin.

Shin bersyukur program naturalisasi yang dilakukan di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI Erick Thohir mampu menghapus kekhawatirannya.

Shin Tae-yong memiliki ruang lebih luas dalam menentukan pemain mengingat kedalaman tim dengan kualitas yang mumpuni dari pemain naturalisasi lain.

"Dengan adanya pemain-pemain naturalisasi yang bergabung, jadi kita bisa memilih skuad lebih leluasa daripada sebelumnya," sambungnya.

"Dengan kondisi-kondisi yang seperti ini pemain lokal juga harus bisa lebih berjuang untuk menjadi lebih baik lagi dan dengan begini timnas Indonesia akan semakin maju pastinya," pungkasnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #akui #pemain #naturalisasi #bikin #timnas #indonesia #makin #kuat

KOMENTAR