4 Pertandingan Terakhir Tak Pernah Cetak Gol Murni dari Open Play, Timnas Indonesia Makin Bergaya Stoke City?
Para pemain Timnas Indonesia. [Suara.com/Alfian Winanto]
18:24
26 Maret 2024

4 Pertandingan Terakhir Tak Pernah Cetak Gol Murni dari Open Play, Timnas Indonesia Makin Bergaya Stoke City?

Catatan unik mengiringi Timnas Indonesia jelang laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan tuan rumah Vietnam. Skuad Garuda sudah cukup lama tak mencetak gol murni dari open play.

Setelah menang 1-0 di kandang pekan lalu pada matchday 3, Timnas Indonesia kini menatap 'rematch' kontra Vietnam pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua.

Untuk matchday 4 ini, skuad Garuda gantian tandang ke Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam ini pukul 19:00 WIB.

Timnas Indonesia sendiri kini berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan 4 poin dari tiga pertandingan, unggul satu angka dari Vietnam di peringkat ketiga.

Meski tren Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong belakangan tengah naik, Timnas Indonesia ternyata sudah absen bikin gol dari skema permainan yang benar-benar murni open play dalam empat pertandingan terakhirnya di lintas ajang.

Terakhir kali Timnas Indonesia mencetak gol dari sebuah bangunan serangan yang rapi adalah pada matchday pembuka Piala Asia 2023 di Qatar pada 15 Januari 2024 lalu.

Saat itu, assist cantik Yakob Sayuri diakhiri dengan cocoran Marselino Ferdinan untuk membuat Timnas Indonesia sempat menyamakan skor 1-1, meski pada akhirnya kalah 1-3 dari Irak di Grup D.

Setelah itu, Timnas Indonesia praktis mencetak gol-gol yang diawali dari set piece atau bola mati.

Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 pada matchday 2 Grup D Piala Asia 2023 berkat gol penalti Asnawi Mangkualam.

Kemudian, saat ditundukkan Jepang dengan skor 1-3 di laga terakhir fase grup, tim Merah Putih hanya bisa mencetak gol konsolasi lewat Sandy Walsh, memanfaatkan lemparan panjang 'maut' milik Pratama Arhan.

Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan saat pertandingan melawan Vietnam pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan saat pertandingan melawan Vietnam pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Setelah itu, Timnas Indonesia absen mencetak gol saat dihajar Australia 0-4 pada babak 16 besar Piala Asia Qatar.

Teranyar, Timnas Indonesia kembali mencetak gol lewat lemparan ke dalam Pratama Arhan yang menghasilkan kemenangan 1-0 lawan Vietnam, lewat Egy Maulana Vikri yang memanfaatkan kemelut akibat bola lemparan panjang tesebut, pada laga matchday 3 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Jakarta pekan lalu.

Tentu menarik tentu menanti kiprah Timnas Indonesia di laga tandang melawan Vietnam malam ini.

Apakah skuad Garuda akhirnya kembali bikin gol dari skema yang benar-benar cantik, atau justru semakin membuktikan diri sebagai jagonya set-piece, layaknya klub Liga Inggris Stoke City yang dikenal mahir dengan bola-bola matinya beberapa tahun silam.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #pertandingan #terakhir #pernah #cetak #murni #dari #open #play #timnas #indonesia #makin #bergaya #stoke #city

KOMENTAR