Rumput GBK Jadi Sorotan di Laga Timnas Indonesia vs Vietnam, Presiden Jokowi Sampai Turun Tangan
Arsip - Proses Perbaikan Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. (pssi.org)
08:48
23 Maret 2024

Rumput GBK Jadi Sorotan di Laga Timnas Indonesia vs Vietnam, Presiden Jokowi Sampai Turun Tangan

Rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta terlihat rusak dan tak enak dipandang saat menggelar laga Timnas Indonesia vs Vietnam dalam matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Penampakan rumput yang terlihat menghitam dibeberapa bagian lapangan menjadi sorotan banyak pihak, lantaran Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) disebut-sebut sejatinya telah melakukan perbaikan.

Situasi ini turut menjadi sorotoan Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang kebetulan datang menonton laga Timnas Indonesia vs Vietnam.

Dikatakan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Jokowi sudah meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membenahi SUGBK agar kondisi rumput segera kembali prima saat digunakan.

"Saya sudah meminta keseriusan daripada GBK untuk masalah rumput," kata Erick Thohir di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

"Hari ini juga saya sudah minta dari PSSI dan kemarin Bapak Presiden sendiri menugaskan Menteri Pak Basuki seperti biasa untuk melakukan percepatan perbaikan, tetapi dari GBK sendiri ya mulai hari ini harus serius menjaga kondisi daripada lapangan ini."

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat memberikan keterangan pers usai peluncuran jersey Timnas Indonesia di Jakarta, Senin (18/3/2024). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat memberikan keterangan pers usai peluncuran jersey Timnas Indonesia di Jakarta, Senin (18/3/2024). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

"Karena jangan sampai muka Indonesia dilihat tidak baik di dunia karena ini pertandingan yang disiarkan di dunia karena ini kualifikasi Piala Dunia," jelasnya.

Sebelumnya, kondisi rumput SUGBK sangat jelek ketika dipakai untuk uji coba Timnas Indonesia U-20 vs Thailand pada Januari lalu.

Selepas mendapat banyak kritik, pengelola GBK kemudian melakukan perbaikan untuk salah satu stadion megah di Tanah Air tersebut.

Setelah dilakukan perawatan selama beberapa bulan, rumput SUGBK ternyata masih terlihat jelek.

Erick menekankan bahwa pihak pengelola GBK harus bisa memastikan kualitas rumput SUGBK dalam kondisi terbaik saat Timnas Indonesia menjamu Filipina dan Irak dalam dua matchday pamungkas Grup F pada Juni mendatang.

"Jadi kemarin dari GBK menyanggupin, jadi saya menunggu bulan Juni ketika kita menjadi tuan rumah melawan Irak dan Filipina ya kita buktikan janjinya mereka," pungkas Erick.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #rumput #jadi #sorotan #laga #timnas #indonesia #vietnam #presiden #jokowi #sampai #turun #tangan

KOMENTAR