Pengamat Sebut Timnas Indonesia Layak Dipuji meski Cuma Menang 1-0 Lawan Vietnam
Witan Sulaeman, Pratama Arhan dan Egy Maulana Vikri berselebrasi setelah menjebol gawang Vietnam di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan Maret 2024 (pssi.org)
16:42
22 Maret 2024

Pengamat Sebut Timnas Indonesia Layak Dipuji meski Cuma Menang 1-0 Lawan Vietnam

Penampilan Timnas Indonesia patut dipuji setelah berhasil mengalahkan Vietnam dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam. Meski dalam laga itu tim Merah Putih cuma menang 1-0.

Satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut dicetak Egy Maulana Vikri pada menit 52. Timnas Indonesia bisa dibilang bermain baik meski di babak pertama kesulitan bermain terbuka.

Dengan tambahan tiga poin ini, Timnas Indonesia naik ke posisi dua klasemen sementara Grup F dengan 4 poin. Itu dari tiga laga yang dimainkan di mana Skuad Garuda sekali kalah melawan Irak, imbang melawan Filipina, dan menang kontra Vietnam.

Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni mengatakan Kemenangan ini patut disyukuri. Meskipun hanya menang tipis tetap memberi tambahan tiga poin yang membuat peluang lolos ke fase berikutnya terbuka.

"Pertahanan Indonesia yang kehilangan Jordi Amat dan Baggott cukup mendapat ujian. Apalagi posisi di bawah mistar gawang juga di tempati kiper cadangan Adi Satryo," ujar Bung Kus sapaan akrab Mohamad Kusnaeni.

"Dia masih minim pengalaman dan tiba-tiba harus main karena kiper utama cedera," terang Bung Kus.

Jurnalis senior dan komentator sepakbola, M Kusnaeni. [Instagram @mohamadkusnaeni]Jurnalis senior dan komentator sepakbola, M Kusnaeni. [Instagram @mohamadkusnaeni]

Lebih lanjut, Bung Kus memuji penampilan Jay Idzes. Ia mampu mengawal lini belakang dengan sangat baik sehingga tidak kebobolan.

"Kredit tersendiri harus diberikan kepada bek debutan Jay Idzes yang tampil tenang, solid, dan percaya diri. Penampilan solid Idzes membuat persoalan di lini pertahanan bisa teratasi," ujarnya.

"Yang masih bermasalah adalah daya dobrak lini depan. Hoky Caraka kurang bisa memainkan peran sebagai target man. Begitu pula Sananta yang mainnya kurang lepas," ucapnya.

Bung Kus berharap di laga selanjutnya yang berlangsung di My Dinh, Hanoi, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye bisa dimainkan. Ia yakin Timnas Indonesia menjadi semakin kuat.

"Mudah-mudahan pada pertemuan berikutnya di kandang Vietnam kita sudah bisa memainkan Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye. Kemampuan Haye mengorkestrasi permainan dan eksplosivitas Ragnar akan sangat dibutuhkan," ungkapnya.

"Mereka berdua bisa membuat lini depan punya opsi lebih banyak untuk membongkar pertahanan lawan. Tidak terpaku pada serangan-serangan sayap semata," pungkasnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pengamat #sebut #timnas #indonesia #layak #dipuji #meski #cuma #menang #lawan #vietnam

KOMENTAR