Akumulasi Kartu, Asnawi Mangkualam Absen di Laga Timnas Indonesia vs Vietnam
Pemain timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar (affmitsubishielectriccup.com)
17:12
15 Maret 2024

Akumulasi Kartu, Asnawi Mangkualam Absen di Laga Timnas Indonesia vs Vietnam

Bek andalan sekaligus kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dipastikan absen saat berjumpa Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini.

Namun, Asnawi Mangkualam hanya akan absen pada pertemuan pertama saja atau saat Timnas Indonesia menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 21 Maret 2024.

Kemudian di leg kedua, bek berusia 24 tahun itu bisa tampil membela Indonesia saat bertandang ke markas Vietnam di My Dinh National Stadium pada 26 Maret 2024.

Lantas apa alasan di balik absennya Asnawi pada leg pertama Indonesia vs Vietnam? Usut punya usut, bek milik Port FC itu terkena akumulasi kartu kuning.

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Ia menyebutkan Asnawi tidak bisa bermain saat Indonesia menjamu Vietnam di SUGBK.

Asnawi harus menerima hukuman larangan bertanding sebanyak satu kali setelah mendapat kartu kuning di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sebelumnya, yakni kala melawan Irak dan Filipina.

Berdasarkan regulasi FIFA, jika pemain mendapat dua kartu kuning, maka pemain tersebut harus absen pada laga selanjutnya.

Sebagai informasi, Asnawi mendapat kartu kuning di menit ke-79 kala Indonesia tumbang 1-5 dari Irak. Lalu kartu kuning kedua didapatkannya di menit ke-16 kala bermain imbang kontra Filipina.

Banyak Pengganti

Absennya Asnawi Mangkualam di pertemuan pertama kontra Vietnam tampaknya tak akan begitu dipusingkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Pasalnya, posisi Asnawi sebagai Wing Back kanan bisa diisi oleh banyak pemain seperti Sandy Walsh, Yakob Sayuri, hingga Witan Sulaeman.

Jika Sandy Walsh dipasang sebagai Wing Back, Shin Tae-yong pun tak panik dengan stok pemain sebagai penggantinya di posisi bek tengah kanan dalam formasi tiga bek.

Juru taktik asal Korea Selatan itu masih memiliki nama-nama seperti Rizky Ridho dan pemain naturalisasi anyar, yakni Jay Idzes.

Sedangkan ban kapten yang biasa melingkar di lengan Asnawi, kemungkinan besar akan mampir ke lenga Jordi Amat sebagai salah satu pemain senior di Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Jordi Amat sendiri sudah dipercaya oleh Shin Tae-yong sebagai kapten, yakni sebelum dan saat gelaran Piala Asia 2023 pada Januari 2024 kemarin.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #akumulasi #kartu #asnawi #mangkualam #absen #laga #timnas #indonesia #vietnam

KOMENTAR