Susul Anthony Sinisuka Ginting di Perempat Final All England 2024, 6 Wakil Badminton Indonesia Siap Berjuang Kembali
BADMINTONPHOTO (OFFICIAL BWF PHOTO AGENCY)
16:48
15 Maret 2024

Susul Anthony Sinisuka Ginting di Perempat Final All England 2024, 6 Wakil Badminton Indonesia Siap Berjuang Kembali

 

 

- Enam wakil Indonesia berhasil menembus ke perempat final All England dari delapan wakil yang bertanding pada babak 16 besar.

All England merupakan salah satu kejuaraan badminton tertua di dunia yang sudah diadakan sejak tahun 1899.

Pada tahun ini, pertandingan dilaksanakan Selasa (12/3) hingga Minggu (17/3) di Utilita Arena, Birmingham, Inggris.

Indonesia menurunkan sebanyak 11 wakil untuk bertanding di All England 2024, saat ini hanya tersisa 6 wakil yang akan lanjut di babak perempat final.

Kemenangan dibuka oleh Anthony Sinisuka Ginting yang berhasil mengalahkan Kenta Nishimoto. Ginting berhasil mengalahkan pemain Jepang dengan skor 21-18 dan 21-19.

Pada babak 16 besar All England 2024, Jonatan Christie dan Muhammad Shohibul Fikri/ Bagas Maulana sudah dipertemukan dengan pemain unggulan dari negara lain.

Jonatan Christie bertemu dengan pemain Thailand, Kunlavut Vitidsarn. Kunlavut tunggal putra unggulan ke-8 dan merupakan juara dari pertandingan French Open 2024 minggu lalu.

“Saya berusaha melakukan yang terbaik, tetapi hasilnya tidak sesuai dengan usaha yang saya berikan,” Kata Jonatan Christie sebagaimana dikutip pada laman BWF World Tour, Jumat (15/3).

Meskipun penampilan Jonatan tidak sesuai dengan latihan yang telah dijalani, tetapi pemain peringkat ke-9 dunia tersebut berhasil menang dengan skor 21-19, 18, 21, 21-13 dalam waktu 70 menit.

Kedua tunggal putra itu bertarung sengit dengan saling berkejaran angka, terutama pada gim pertama dan kedua. Jonatan dan Kunlavut sudah sering bertemu pada turnamen-turnamen lainnya, sehingga keduanya sudah mempunyai defense andalan yang diperlukan saat adu reli.

“Penampilan saya di pertandingan sangat berbeda dengan latihan yang saya jalani. Persaingan di tunggal putra memang sangat sulit dan ketat,” pungkas Jonatan sebagaimana dikutip pada laman BWF World Tour, Jumat (15/3).

Selanjutnya, Jonatan akan bertemu dengan Shi Yu Qi pemain unggulan China Tiongkok. Pada pertemuan terakhir Shi Yu Qi berhasil mengalahkan Jonatan di Singapore Open 2023.

Semantara, pasangan ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/ Bagas Maulana melawan unggulan pertama dari India yaitu Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Pemain India tersebut berhasil mengalahkan ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di babak 32 besar All England 2024.

Satwik/Chirag juga merupakan juara pada French Open 2024 dan sukses menginjakkan kaki di Final dalam empat pertandingan terakhir.

Fikri/Bagas menampilkan permainan yang epic sehingga berhasil menang straight game melawan Satwik/Chirag dengan skor21-16 dan 21-15.

“Komunikasi menjadi poin penting kami dalam kemenangan hari ini. Selain itu, kami juga fokus menjaga arah bola dari awal sampai akhir,” ungkap Bagas Maulana.

"Kami pernah menang melawan mereka, jadi kami ada modal percaya diri menghadapi laga kali ini. Kami menganggap berapa pun peringkatnya, secara kualitas sudah merata, hampir semua sama di ganda putra," kata Fikri.

Selanjutnya, Bagas/ Fikri akan bertemu dengan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Aaron Chia/ Soh Wooi Yik dari Malaysia.

"Untuk besok kami ingin mempertahankan performa minimal seperti tadi atau bahkan bisa lebih," pungkas Bagas.

Setelah tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie berikut pemain indonesia yang lolos ke perempat final:  tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, ganda putra Bagas/Fikri dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #susul #anthony #sinisuka #ginting #perempat #final #england #2024 #wakil #badminton #indonesia #siap #berjuang #kembali

KOMENTAR