Shin Tae-yong Yakin Menang, Begini Kondisi Menyedihkan Timnas Vietnam di Piala Asia 2023
Pemain Timnas Vietnam dalam sebuah laga (thetaovanhoa.vn)
08:12
13 Januari 2024

Shin Tae-yong Yakin Menang, Begini Kondisi Menyedihkan Timnas Vietnam di Piala Asia 2023

Timnas Vietnam tengah dilanda badai cedera jelang Piala Asia 2023. Hal itu dikonfirmasi oleh Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier.

Timnas Vietnam kehilangan sejumlah andalan. Troussier tetap yakin dengan kemampuan skuad yang dimilikinya, percaya bahwa The Golden Star Warriors memiliki kualitas kelas wahid untuk bersaing di Piala Asia 2023.

"Keputusan untuk berangkat ke Qatar diambil dengan pertimbangan matang. Saya meyakini bahwa pemain yang berada di sini saat ini adalah yang paling sesuai. Mereka bukanlah kelas kedua, melainkan pemain kelas satu yang harus mempercayai potensi mereka sendiri," ujar Troussier seperti dilaporkan oleh Soha Vn pada Kamis (11/1/2024).

Berdasar rilis AFC, rerata tinggi badan pemain timnas Vietnam terhitung paling rendah. Hal ini berpotensi mendatangkan kesulitan di Piala Asia 2023. Berdasar rilis AFC, rerata tinggi badan pemain timnas Vietnam terhitung paling rendah. Hal ini berpotensi mendatangkan kesulitan di Piala Asia 2023.

Dalam mengatasi cedera yang melanda timnya, Troussier menekankan pentingnya solusi dan arahan yang diberikan kepada para pemain.

Dengan bakat dan keyakinan mereka dalam bermain sepakbola, Troussier yakin masalah cedera dapat diatasi secara efektif.

Media Vietnam, Soha Vn menuliskan sejumlah pemain inti Timnas Vietnam seperti Dang Van Lam, Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Chung, Nguyen Duc Chien, dan Nguyen Tien Linh harus absen akibat cedera.

Kabar terbaru juga melibatkan Nguyen Hoang Duc, pemain tengah andalan, yang mengalami cedera.

Tidak hanya itu, pemain baru seperti Hoang Van Toan dan Nguyen Thanh Nhan juga menghadapi masalah kesehatan yang menghalangi partisipasi mereka dalam Piala Asia 2023.

Situasi ini secara signifikan mempengaruhi komposisi skuad Timnas Vietnam dalam persiapan menghadapi turnamen yang dimulai pada 12 Januari 2024 di Qatar.

Dalam persaingan Grup D Piala Asia 2023, Timnas Vietnam akan bersaing dengan tim-tim kuat seperti Jepang, Irak, dan Timnas Indonesia.

Perjalanan mereka di turnamen ini akan dimulai dengan menghadapi tim terkuat di Asia, Jepang, pada Minggu, 14 Januari 2024, pukul 18.30 WIB.

Shin Tae-yong yakin hajar The Golden Warrior

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [BENJAMIN CREMEL / AFP]Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [BENJAMIN CREMEL / AFP]

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong alias STY mengungkap targetnya di Piala Asia 2023. Ia mengincar satu kemenangan, satu seri, dan minimal satu kekalahan.

Dengan begitu ada kans bagi Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dari skema peringkat tiga terbaik. Namun, tentu tidak mudah karena itu Shin Tae-yong meminta pemain untuk bekerja keras.

Shin Tae-yong mengincar minimal seri saat bersua Irak. Kemudian saat melawan Vietnam, skuad Garuda harus bisa memenangi pertandingan.

Sementara melawan Jepang, skuad Merah Putih harus bisa menahan untuk tidak kalah dengan skor yang terlalu banyak. Nah, skema ini memungkinkan Timnas Indonesia lolos dari peringkat tiga terbaik.

“Saya memikirkan 1 kemenangan, 1 seri, dan 1 kekalahan di babak penyisihan grup. Vietnam harus dikalahkan, dan Irak setidaknya harus meraih hasil imbang," kata Shin Tae-yong dilansir dari Sports Seoul, Kamis (11/1/2024).

"Jepang sejujurnya berada pada level yang berbeda. Ini tidak akan mudah, tapi saya berencana mengalahkan mereka," tambahnya.

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa Timnas Indonesia bisa berpotensi memberikan kejutan di Piala Asia 2023. Syaratnya adalah dengan mengurangi kesalahan dalam pertandingan.

"Saya rasa kita bisa membuat kejutan jika kita tidak melakukan kesalahan sendiri," tambah mantan pelatih tim nasional Korea Selatan itu.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #shin #yong #yakin #menang #begini #kondisi #menyedihkan #timnas #vietnam #piala #asia #2023

KOMENTAR