Jay Idzes Penuhi Syarat Tampil di Laga Timnas Indonesia vs Vietnam pada Maret
Dua pemain keturunan, Jay Idzes mengenakan seragam Timnas Indonesia ketika menyambangi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Jumat (29/12/2023). [Dok. PSSI]
14:30
1 Maret 2024

Jay Idzes Penuhi Syarat Tampil di Laga Timnas Indonesia vs Vietnam pada Maret

Bek naturalisasi Jay Idzes telah memenuhi syarat untuk tampil membela Timnas Indonesia. Terdekat, Garuda akan melawan Vietnam secara back-to-back di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jay Idzes telah mendapatkan paspor Indonesia setelah proses naturalisasinya rampung pada Desember 2023 lalu.

Sementara itu, PSSI melaporkan proses perpindahan asosiasi Jay Idzes dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI) juga telah rampung.

Kabar tersebut disampaikan anggota eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga seperti dikutip dari akun X resmi Transfermarkt Indonesia, @TMidn_news pada pertengahan Februari lalu.

Merujuk situasi tersebut, Jay Idzes sudah memenuhi syarat untuk tampil membela Timnas Indonesia. Selain telah berstatus WNI, perubahan asosiasinya juga telah disetujui FIFA.

Meski demikian, akan bermain atau tidaknya Jay Idzes dalam dua laga Grup F kontra Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret mendatang, tetap berada di tangan pelatih Shin Tae-yong.

Jay Idzes saat sumpah dan janji setia sebagai WNI (pssi.org)Jay Idzes saat sumpah dan janji setia sebagai WNI (pssi.org)

Terkini, Shin Tae-yong disebut telah memanggil 27 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Meski demikian, PSSI masih menutup rapat nama-nama pemain yang dipanggil meski mengisyaratkan komposisi skuad tidak akan jauh berbeda dengan Piala Asia 2023 lalu.

"Ada 27 pemain. TC 17 Maret, sore datang di hotel, Tanggal 18 sudah berkumpul semua, tanggal 21 bermain," kata Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, Jumat (1/3/2024).

"(Pemain yang dipanggil) Tidak berbeda jauh dengan di Piala Asia 2023," pungkas Sumardji.

Jay Idzes hingga kini belum menjalani debut bersama Timnas Indonesia. Pemain yang kini berkarier di Serie B bersama Venezia itu tidak bisa tampil di Piala Asia 2023 pada Januari lalu.

Saat itu, proses naturalisasi Jay Idzes baru rampung pada 28 Desember 2023 alias saat pendaftaran nama-nama pemain untuk Piala Asia 2023 telah ditutup.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #idzes #penuhi #syarat #tampil #laga #timnas #indonesia #vietnam #pada #maret

KOMENTAR