Mesin Gol Vietnam Bermasalah Jelang Kualifikasi Piala Dunia, Keuntungan untuk Timnas Indonesia?
Para pemain Timnas Vietnam berlaga di Piala Asia 2023 Qatar. [KARIM JAAFAR / AFP]
05:42
29 Februari 2024

Mesin Gol Vietnam Bermasalah Jelang Kualifikasi Piala Dunia, Keuntungan untuk Timnas Indonesia?

Timnas Vietnam akan menjadi lawan Timnas Indonesia dalam dua laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret mendatang.

Jelang laga penting ini, Vietnam tengah dilanda masalah, salah satunya perihal performa mesin gol atau penyerang mereka yang tengah angin-anginan.

Di tengah misi bangkit setelah kalah dari Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Vietnam justru harus melihat para penyerangnya melempem di kompetisi domestik.

Nguyen Tien Linh selaku ujung tombak utama, menjadi sorotan menjelang laga ini. Dia merupakan striker tajam yang mencetak dua gol ke gawang Indonesia di Piala AFF 2022.

Namun, sang pemain mengalami cedera dan harus absen di Piala Asia 2023, dan performanya hingga kini belum juga kembali membaik.

Performanya belum memuaskan bersama Bing Duong di V League musim 2023/2024, hanya mencetak dua gol dari 10 laga, dan tidak berhasil mencetak gol dalam dua pertandingan terakhirnya.

Pemain timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh (nomor 22) bersama rekan-rekannya tengah merayakan gol ke gawang Indonesia pada semifinal Piala AFF 2022 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam hari Senin (9/1/2023) malam waktu setempat. (Twitter/@theaseanball)Pemain timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh (nomor 22) bersama rekan-rekannya tengah merayakan gol ke gawang Indonesia pada semifinal Piala AFF 2022 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam hari Senin (9/1/2023) malam waktu setempat. (Twitter/@theaseanball)

Sementara Nguyen Van Toan juga punya catatan serupa. Dia baru mencetak dua gol dari sembilan laga bersama Nam Dinh di V League.

Sedangkan Pham Tuan Hai yang pencetak gol ke gawang Jepang di Piala Asia 2023, juga belum tampil impresif dengan hanya dua gol di League bersama Ha Noi.

Situasi itu bisa menjadi keuntungan bagi Timnas Indonesia yang akan berusaha untuk melanjutkan dominasinya dari rival tangguh Asia Tenggara itu.

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam pada 21 Maret di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Sementara Vietnam akan jadi tuan rumah lima hari berselang di Stadion Nasional My Dinh.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #mesin #vietnam #bermasalah #jelang #kualifikasi #piala #dunia #keuntungan #untuk #timnas #indonesia

KOMENTAR