Bukan Shin Tae-yong, China Malah Tunjuk Pelatih yang Jadi 'Tumbal' Timnas Indonesia di Piala Asia 2023
Pelatih Oman asal Kroasia, Branko Ivankovic berbicara kepada para pemainnya selama matchday ketiga Grup F Piala Asia 2023 antara Kirgistan vs Oman di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 25 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP.
21:24
25 Pebruari 2024

Bukan Shin Tae-yong, China Malah Tunjuk Pelatih yang Jadi 'Tumbal' Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Posisi Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia sedikit aman dari gangguan. Sebab, China telah mengumumkan juru taktik baru, Branko Ivankovic.

Sebelumnya Federasi Sepak Bola China (CFA) disebut mengincar Shin Tae-yong untuk menggantikan Aleksandar Jankovic yang gagal total di Piala Asia 2023.

China memang tampil buruk di Piala Asia 2023. Mereka tidak bisa mencetak gol di fase grup, sama seperti India. Tim dari Negeri Tirai Bambu gagal lolos ke 16 besar.

Kondisi ini membuat CFA memutuskan untuj memecat Aleksandar Jankovic. Awalnya Shin Tae-yong masuk dalam radar pengganti.

Akan tetapi, CFA sudah mengumumkan pelatih baru, yakni Branko Ivankovic. Hal ini membuat situasi Shin Tae-yong bersama skuad Garuda aman.

"Untuk mempersiapkan Kualifikasi Piala dunia 2026, CFA memutuskan untuk menunjuk pelatih Branko Ivankovic sebagai pelatih kepala timnas," tulis laporan CFA.

Menariknya nama Branko Ivankovic belum lama ini menjadi sorotan. Sebab, ia memimpin Oman di Piala Asia 2023 yang juga tersingkir di fase grup.

Branko Ivankovic menjadi tumbal keberhasilan timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023. Sebab, kegagalannya bersama Oman untuk menang lawan Kirgistan menjadi berkah bagi skuad Garuda yang mencatatkan sejarah.

Editor: Arif Budi

Tag:  #bukan #shin #yong #china #malah #tunjuk #pelatih #yang #jadi #tumbal #timnas #indonesia #piala #asia #2023

KOMENTAR