Legenda Bayern 'Racuni' Xabi Alonso untuk Tak Latih Liverpool: Sulit Gantikan Klopp
Pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso. INA FASSBENDER / AFP
12:12
23 Pebruari 2024

Legenda Bayern 'Racuni' Xabi Alonso untuk Tak Latih Liverpool: Sulit Gantikan Klopp

Legenda Bayern Munich, Lothar Matthaus coba 'meracuni' pikiran Xabi Alonso agar sang manajer melatih Bayern Munich alih-alih Liverpool.

Alonso yang kini menukangi Bayer Leverkusen, santer dikaitkan bakal menjadi penerus Jurgen Klopp di Liverpool.

Liverpool sudah dipastikan bakal kehilangan Jurgen Klopp akhir musim ini setelah sang pelatih mengaku ingin rehat sejenak dari sepak bola.

Alonso dan Liverpool memiliki hubungan tersendiri. Dia merupakan eks gelandang yang membantu The Reds meraih trofi Liga Champions 2004-2005.

Meski demikian, sang manajer juga memiliki hubungan dengan Bayern Munich di mana Alonso pernah membela Bavaria dari 2014 hingga pensiun pada 2017.

Matthaus menjelaskan bahwa andai memilih hengkang dari Leverkusen, Xabi Alonso lebih baik memilih Bayern Munich ketimbang Liverpool.

Legenda sepak bola Jerman Lothar Matthaus memegang tropi Liga Jerman dalam kunjungannya ke Indonesia di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Kamis (14/11/2019). (ANTARA/Asep Firmansyah)Legenda sepak bola Jerman Lothar Matthaus memegang tropi Liga Jerman dalam kunjungannya ke Indonesia di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Kamis (14/11/2019). (ANTARA/Asep Firmansyah)

Menurutnya, menggantikan pelatih sekelas Jurgen Klopp tidaklah mudah. Akan ada banyak tekanan andai dirinya memilih menukangi tim raksasa Inggris itu.

"Wajar jika Anda tertarik pada Xabi Alonso. Jika mereka tidak menjaganya, mereka akan melakukan kesalahan berikutnya," ujar Matthaus dikutip dari Metro, Jumat (23/2/2024).

"Tugas di Munich akan lebih menguntungkan daripada tugas di Liverpool menjadi penerus Jurgen Klopp yang disegani."

Alonso menjadi sensasi tersendiri setelah menyulap Leverkusen jadi penantang serius gelar juara Bundesliga 2023-2024.

Mereka tak terkalahkan dalam 32 pertandingan di semua kompetisi musim ini termasuk membungkam Bayern Munich dengan skor telak 3-0 di Bundesliga dua pekan lalu.

Bayer Leverkusen terus memperkuat posisinya di puncak klasemen Bundesliga. Kini mereka unggul delapan poin dari sang juara bertahan.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #legenda #bayern #racuni #xabi #alonso #untuk #latih #liverpool #sulit #gantikan #klopp

KOMENTAR