Karier Menurun Fakhri Husaini, dari Latih Timnas, Liga 2 dan Kini Tim Pra PON
Fakhri Husaini (pssi.org)
06:42
23 Februari 2024

Karier Menurun Fakhri Husaini, dari Latih Timnas, Liga 2 dan Kini Tim Pra PON

Perjalanan karier Fakhri Husaini sebagai pelatih merosot tajam dalam beberapa tahun terakhir. Kini, ia terdampar menjadi pelatih dari tim Pra PON Jawa Timur.

Penunjukan Fakhri sebagai pelatih ini tidak terlepas dari kerja senyapnya melakukan pembinaan pemain muda di wilayah Jawa Timur.

Sejak 2022 lalu, Fakhri Husaini tercatat sebagai Direktur Pengembangan Usia Muda tim Liga 2, Deltras Sidoarjo. Pada musim 2023/2024, Deltras mampu menembus babak 8 Besar Liga 2.

Fakhri Husaini juga disibukkan dengan kegiatan kursus lisensi kepelatihan. Bersama 22 pelatih lain, termasuk Bima Sakti, Fakhri ambil bagian pada kursus untuk mendapat lisensi pelatih AFC Pro.

Setelah cukup lama absen sebagai pelatih, Fakhri Husaini akhirnya kembali dengan menjadi pelatih tim Pra PON Jawa Timur.

Fakhri Husaini akan memimpin tim Jawa Timur pada babak kualifikasi menuju PON 2024 di Sumatera Utara. Babak kualifikasi akan digelar di Surabaya pada Maret 2024 mendatang.

Secara perjalanan karier, ini menjadi sebuah penurunan buat Fakhri Husaini sebagai pelatih. Pasalnya, terakhir kali ia merupakan pelatih tim Liga 2, Persela Lamongan.

Akan tetapi, performa Persela yang buruk akhirnya membuat manajemen memecatnya.

Sebagai pelatih, catatan Fakhri Husaini juga cukup mentereng. Dia pernah membawa Indonesia menjadi juara Piala AFF U-16 2018. Fakhri juga pernah jadi pelatih Timnas Indonesia U-19.

Ia juga pernah melatih beberapa klub seperti PKT Bontang, Persiba Balikpapan, hingga Borneo FC.

Meski harus turun menjadi pelatih Pra PON Jawa Timur, Fakhri Husaini sebetulnya punya pengalaman di ajang ini.

Pada PON 2021 di Papua, Fakhri Husaini merupakan pelatih tim PON Aceh dan membawa timnya lolos ke final meski kalah dari tuan rumah Papua.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #karier #menurun #fakhri #husaini #dari #latih #timnas #liga #kini

KOMENTAR