Inspeksi Cibubur Youth Elite Sport Center, Wapres Gibran: Tempat Latihan Sudah Cukup, Tinggal Genjot Prestasinya
Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka meninjau Cibubur Youth Elite Sport Center bersama Menpora Dito Ariotedjo dan Wamenpora Taufik Hidayat. (Dimas Ramadhan/JawaPos.com)
19:14
22 Oktober 2024

Inspeksi Cibubur Youth Elite Sport Center, Wapres Gibran: Tempat Latihan Sudah Cukup, Tinggal Genjot Prestasinya

   - Wakil Presiden (Wapres) RI Gibran Rakabuming Raka melakukan inspeksi proyek pembangunan Cibubur Youth Elite Sport Center, Jakarta Timur, Selasa (22/10) siang. Kehadiran tempat latihan itu dinilai sudah cukup dan tidak ada alasan lagi untuk tidak berprestasi.

Berdasarkan pantauan JawaPos.com di lokasi, Gibran datang sekitar pukul 14.35 WIB. Dia menginspeksi proyek pembangunan sport center tersebut bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Wamenpora Taufik Hidayat, yang datang lebih dulu.

Setibanya di lokasi, Gibran diberikan penjelasan oleh perwakilan PUPR terkait progres dari proyek Cibubur Youth Elite Sport Center. Mantan walikota Solo ini kemudian masuk ke dalam area pembangunan untuk mengecek secara langsung.

"Ini kita ada di Youth Elite Training Center yang ada di Cibubur, yang Insyaallah nanti akan selesai di akhir, Desember," kata Gibran usai meninjau fasilitasnya.

Cibubur Youth Elite Sport Center diketahui mulai dibangun pada awal tahun 2024. Nah hingga saat ini, terlihat ada beberapa bangunan dan fasilitas Cibubur Youth Elite Sport Center yang sudah rampung.  

"Sekali lagi ini adalah proyek yang sangat strategis karena sekali lagi ini penting sekali untuk nanti ke depan untuk peningkatan prestasi-prestasi atlet kita. Dan, tadi saya lihat fasilitasnya sudah lengkap sekali ya Pak Menpora ya," tambah Gibran.

Menpora Dito menjelaskan, Cibubur Youth Elite Sport Center nantinya akan dilengkapi dengan berbagai aspek seperti sarana dan prasarana, sport science, dan biomekanisme untuk 12 cabang olahraga Olimpiade.

Beberapa di antaranya, senam, angkat besi, bela diri, renang, panahan, bulu tangkis, dan panjat tebing. "Jadi buat menghadapi Olimpiade 2028," kata Dito saat menjelaskan. 

"Panjat tebing ini yang paling penting ini. Jadi sudah tidak ada alasan lagi, tempat latihan cukup. Jadi, nanti tinggal kita genjot prestasinya aja. Sesuai standar internasional," timpal Gibran.

Dito menambahkan, sesuai namanya, Cibubur Youth Elite Training Center ke depannya diperuntukkan atlet-atlet muda dan nasional. Proyek ini ditujukan untuk mempersiapkan diri dalam menatap Olimpiade Los Angeles 2028.

Apalagi, dijelaskan Dito bahwa Cibubur Youth Elite Training Center nantinya akan punya fasilitas lain seperti kamar, rumah sakit, hingga sekolah. "Semua cabang olahraga prioritas yang disiapkan untuk olimpik nanti ini sudah memiliki fasilitas latihan yang standar dunia. Ini kita harapkan benar-benar terfokus di sini karena selain ada fasilitasnya, ada kamarnya juga," ucapnya.

"Dan, nanti juga ada sekolahnya juga. Bahkan, fase selanjutnya nanti ada rumah sakit olahraga di sebelah yang kita jadikan pusatnya sport science. Jadi kompleks Cibubur ini kita modernisasi dan kita maksimalkan fungsionalnya," jelas Dito.

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #inspeksi #cibubur #youth #elite #sport #center #wapres #gibran #tempat #latihan #sudah #cukup #tinggal #genjot #prestasinya

KOMENTAR