Indonesia Kini Punya Juara Dunia Motorsport, Pemerintah Janjikan Hal Ini untuk Aldi Satya Mahendra
Aldi Satya Mahendra ketika merayakan juara dunia WSSP300. (Instagram @aldihendra_57)
14:13
22 Oktober 2024

Indonesia Kini Punya Juara Dunia Motorsport, Pemerintah Janjikan Hal Ini untuk Aldi Satya Mahendra

 

 - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo ikut bangga dengan keberhasilan pembalap Aldi Satya Mahendra, yang menjadi juara dunia World Super Sport (WSSP) 300 2024.

Aldi Satya Mahendra keluar sebagai juara dunia WSSP300 2024 setelah finis di posisi keenam dalam Race 2 balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (20/10). Hasil itu membuat rider berusia 18 tahun tersebut juara ajang balap kasta ketiga superbile (WSBK) dengan keunggulan 21 poin dari rival terdekatnya, Loris Veneman.

Apiknya lagi, pembalap tim BrCorse itu menjadi juara dunia dengan rekor 100 persen finis di setiap balapan. Dia tak pernah did not finish (DNF) alias gagal finish. Bahkan, dalam 16 balapan yang dijalani, hanya satu kali saja dia tak masuk 10 besar.

Pencapaiannya itu membuat Aldi menorehkan sejarah sebagai juara dunia balap motor solo pertama dari Indonesia. Sebelumnya, tidak pernah ada pembalap Tanah Air yang pernah mencapai titik yang sama seperti dirinya.

"Ya pastinya saya rasa dunia motor sport kita khususnya untuk sepeda motor ini sangat gemilang kemarin kita ada juara di kelas 300 dan bagaimana Mario Aji sedang menuju MotoGP," kata Menpora Dito di Kemenpora RI.

Kemenpora pun disebut Dito telah menghubungi Aldi. Selain memberikan selamat, pemerintah juga berjanji bakal memberikan dukungan maksimal kepada sang pembalap untuk meningkatkan kariernya.

"Pastinya kami sudah komunikasi dan kami nanya kira-kira bagaimana caranya kita bisa meng-boost karier dia. Apa yang kira-kira pemerintah bisa lakukan, pastikan kita lakukan," ucap Dito.

Selain itu, Kemenpora sekarang juga berencana membuat kedeputian baru yang khusus mengurusi olahraga industri. Motorsport termasuk dalam olahraga yang akan diurus oleh kedeputian tersebut.

Menurut Dito, industri motorsport bisa akan semakin maju lagi di Indonesia. Apalagi, pemerintah bakal fokus memberikan dukungan penuh kepada motorsport.

"Jadi ini salah satu hal yang tadi mengapa saya sampaikan ke depan harus ada industri olahraga terfokus di sini, karena untuk olahraga motorsport ini sangat erat dengan industri. Selama ini Kemenpora memiliki keterbatasan untuk mendukung," tuturnya.

"Saya rasa ke depan motorsport akan menjadi salah satu yang kita akan support fokus juga tadi kan," pungkas Dito.

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #indonesia #kini #punya #juara #dunia #motorsport #pemerintah #janjikan #untuk #aldi #satya #mahendra

KOMENTAR