Suwon FC Dukung Pratama Arhan ke Timnas Indonesia, Erick Thohir Sentil Klub-klub Liga 1
Pratama Arhan Saat Membela Timnas Indonesia U-23. (pssi.org)
13:36
21 Februari 2024

Suwon FC Dukung Pratama Arhan ke Timnas Indonesia, Erick Thohir Sentil Klub-klub Liga 1

Sejumlah klub di Liga 1 sudah menyatakan enggan melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Piala Asia U-23 2024. Berbeda dengan klub asal Korea Selatan Suwon FC yang akan mencari cara supaya bisa melepas Pratama Arhan ke timnas U-23.

Alasan klub Liga 1 tak mau melepas pemain adalah karena masih membutuhkan jasanya untuk bersaing di Liga 1. Pasalnya, saat Piala Asia U-23 berlangsung, kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air tidak libur.

Tentu bisa merugikan klub andai pemain pergi ke tim nasional disaat sedang bersaing menjadi juara. Di satu sisi, membela Timnas Indonesia U-23 adalah sebuah panggilan negara di mana bagi pemain membanggakan.

Dua klub Liga 1 yaitu Borneo FC dan Persija Jakarta terang-terangan tidak mau melepas pemain andai ada yang dipanggil. Tidak ada larangan memang karena Piala Asia U-23 bukan agenda resmi FIFA.

Namun, sikap Persija dan Borneo FC berbeda dengan Suwon FC. Tim kasta tertinggi Liga Korea Selatan itu tahu Timnas Indonesia U-23 butuh jasa Arhan sehingga akan dibantu.

Situasi tersebut menjadi perhatian Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Ia mengatakan harus ada solusi bagi tim-tim Liga 1 mendukung Timnas Indonesia.

"Ya, kalau memang Suwon FC sebagai klub yang bukan dari Indonesia saja mendukung Timnas Indonesia, apalagi klub Indonesia. Pasti ada jalan keluar," kata Erick Thohir di Menara Danareksa, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Jika melihat komposisi pemain di Borneo FC dan Persija, Pelatih Shin Tae-yong terancam kehilangan sembilan pemain U-23. Mereka yang biasa dipanggil STY adalah Fajar Fathur Rahman, Taufany Muslihuddin, Komang Teguh, dan Daffa Fasya dari Borneo FC.

Sementara dari Persija ada nama-nama seperti Rizky Ridho, Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Rayhan Hannan, dan Dony Tri Pamungkas. Belum lagi klub lain terutama di luar negeri yang mungkin punya sikap serupa.

Piala Asia U-23 2024 yang digelar di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024. Timnas Indonesia U-23 berada di Grup A bersama tim tuan rumah, Yordania, dan Australia.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #suwon #dukung #pratama #arhan #timnas #indonesia #erick #thohir #sentil #klub #klub #liga

KOMENTAR