Nova Arianto Ungkap Perbandingan Sikap Shin Tae-yong saat Awal Latih Timnas Indonesia dengan Sekarang
Shin Tae-yong dan Nova Arianto bekerja sama di timnas Indonesia. (Instagram/@novaarianto30)
14:30
20 Pebruari 2024

Nova Arianto Ungkap Perbandingan Sikap Shin Tae-yong saat Awal Latih Timnas Indonesia dengan Sekarang

Nova Arianto blak-blakan membeberkan perbandingan sikap yang ditunjukkan Shin Tae-yong ketika awal melatih timnas Indonesia dan perbedaannya dengan saat ini.

Shin Tae-yong dikontrak PSSI pada Desember 2019 silam. Nova Arianto menjadi salah satu pelatih lokal yang tergabung sejak awal.

Maka dari itu, pelatih yang kini ditunjuk untuk menangani timnas Indonesia U-16 paham dengan perubahan sikap Shin Tae-yong.

Dijeaskan awal melatih skuad Garuda, Shin Tae-yong sempat kesal dengan kebiasaan pemain timnas Indonesia. Sebab, mereka lelet ketika ingin memulai latihan.

"Waktu awal-awal dia melihat ini pemain Indonesia kok lelet-lelet banget. Mulai latihan itu pemain turun dari bus, jalan santai baru siap-siap. Kenapa tidak langsung cepat langsung tendang bola," ujar Nova Arianto dikutip dari YouTube Si Paling Timnas.

Akan tetapi, juru taktik asal Korea Selatan ini mengatakan bisa mengubah sikap para pemain tersebut. Bahkan Nova Arianto menilai langkahnya cukup berhasil.

"Tetapi dia mengubah agar mindset kita berubah agar tim bisa lebih baik itu menjadi konsen coach Shin selama tiga tahun. Jadi sekarang kalau mau latihan mereka cepat karena mindstet mereka sudah berubah," beber pelatih kelahiran Semarang ini.

Oleh sebab itu, Nova Arianto melihat Shin Tae-yong kini memiliki sikap yang lebih tenang dengan pemain timnas Indonesia.

"Pertama kali coach Shin datang sampai sekarang saya merasakan coach Shin sekarang lebih tenang," tegas Nova.

Walau begitu, juru taktik asal Korea Selatan ini ditakutkan dengan kebiasaan pemain ketika kembali ke klubnya masing-masing.

"Yang ditakutkan coach Shin adalah saat kembali ke klub, kembali lagi (kebiasaan) itu. Itu yang disayangkan coach Shin jadi kenapa di tim nasional kita harus bentuk lagi karena itu harusnya di klub jadi di timnas tinggal melanjutkan saja," tutupnya.

Editor: Arif Budi

Tag:  #nova #arianto #ungkap #perbandingan #sikap #shin #yong #saat #awal #latih #timnas #indonesia #dengan #sekarang

KOMENTAR