Shin Tae-yong Bersaing dengan Legenda Man United untuk Kursi Pelatih Timnas Korea Selatan
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)
09:48
20 Februari 2024

Shin Tae-yong Bersaing dengan Legenda Man United untuk Kursi Pelatih Timnas Korea Selatan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dikabarkan jadi incaran Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) sebagai pelatih timnas Korea Selatan sepeninggalan Jurgen Klinsmann.

Menariknya, Shin Tae-yong bukanlah satu-satunya kandidat untuk menukangi tim berjuluk Taeguk Warriors. Dia bersaing dengan legenda Manchester United, Steve Bruce.

Kursi pelatih timnas Korea Selatan lowong setelah KFA memutuskan untuk memecat Jurgen Klinsmann pada 16 Februari 2024 pasca kegagalan di Piala Asia 2023 di Qatar.

Dikutip dari Chosun, KFA menjadikan Shin Tae-yong sebagai salah satu opsi pelatih baru pengganti Jurgen Klinsmann yang cuma mampu membawa tim nasional ke semifinal Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong sendiri mengakui punya keinginan untuk kembali menukangi Taeguk Warriors meski dia menegaskan hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Juru taktik berusia 53 tahun itu diketahui masih terikat kontrak dengan PSSI hingga Juni 2024. Andai tak diperpanjang, bukan tak mungkin dia kembali ke kampung halamannya.

“Saya berharap menjadi pelatih tim nasional [Korea Selatan)] lagi. Hal ini merupakan rencana terakhir yang saya pikirkan,” kata Shin Tae-yong dikutip dari kanal YouTube Lekk Lee Kyung Kyu.

Peluang Shin Tae-yong untuk menukangi kembali Timnas Korea Selatan cukup besar, tetapi ada potensi KFA segera menunjuk juru taktik lain menimbang kontrak STY yang baru berakhir pada Juni mendatang.

Mantan pelatih Newcastle United, Steve Bruce. [PAUL ELLIS / AFP]Mantan pelatih Newcastle United, Steve Bruce. [PAUL ELLIS / AFP]

Salah satu pelatih yang dikaitkan menjadi pengganti Jurgen Klinsmann adalah Steve Bruce, legenda Manchester United yang kini tanpa klub setelah masa kerjanya bersama West Brom berakhir pada 10 Oktober 2022 lalu.

“Steve [Bruce] menyadari ketertarikan dari Korea Selatan dan itu adalah posisi yang pasti menarik baginya,” tulis Mirror dikutip pada Selasa (20/2/2024).

“Ia juga masuk radar sejumlah klub Arab Saudi. Karena itu, ia sedang mempertimbangkan pilihannya selama beberapa minggu ke depan."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #bersaing #dengan #legenda #united #untuk #kursi #pelatih #timnas #korea #selatan

KOMENTAR