4 Prestasi Timnas Indonesia saat Ayah Titiek Soeharto Menjabat sebagai Presiden RI
Laga final Timnas Indonesia melawan Malaysia pada SEA Games 1987, 20 September 1987 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Facebook Zona Memory Sepak Bola)
17:24
17 Februari 2024

4 Prestasi Timnas Indonesia saat Ayah Titiek Soeharto Menjabat sebagai Presiden RI

Mencuatnya nama Titiek Soeharto pada masa Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 belakangan ini turut diiringi dengan kiprah Timnas Indonesia selama ayahnya, Soeharto, menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Ya, sebagai anak dari Presiden Soeharto, Titiek Soeharto telah menyaksikan banyak sejarah besar yang terjadi di Republik Indonesia. Apalagi, masa jabatan Presiden Kedua itu berlangsung selama 32 tahun.

Masa kepemimpinan Soeharto yang lebih dikenal sebagai Order Baru, Timnas Indonesia memang terhitung mengukir sejumlah prestasi yang cukup membanggakan di berbagai ajang internasional.

Berikut Suara.com menyajikan deretan prestasi Timnas Indonesia selama ayah Titiek Soeharto menjabat sebagai Presiden RI selama 32 tahun.

1. Prestasi SEA Games

Di masa Orde Baru, Timnas Indonesia memang punya catatan yang cukup membanggakan di level SEA Games. Sebab, sudah ada dua medali emas yang diraih pada masa ini, yakni SEA Games edisi 1987 dan 1991.

Itu belum termasuk dua medali perak yang didapatkan pada 1979 dan 1997, serta tiga medali perunggu pada 1981, 1989, dan 1999. Medali emas akhirnya baru bisa diraih setelah lebih dari 32 tahun, yakni pada 2023.

2. Prestasi Awal

Pada masa-masa awal Orde Baru, Timnas Indonesia sebetulnya sempat meraih sejumlah prestasi. Setidaknya, ada gelar Turnamen Merdeka yang diraih pada 1969, yang melengkapi dua gelar sebelumnya pada 1961 dan 1962.

Setelah itu, ada pula gelar Piala Raja di Thailand yang berhasil dibawa pulang skuad Merah Putih pada 1968.

3. Lolos Semifinal Asian Games

Di kancah Asian Games, Timnas Indonesia juga pernah mencatatkan prestasinya. Momen ini tepatnya berlangsung di edisi 1986 yang saat itu terselenggara di Seoul, Korea Selatan.

Timnas Indonesia sukses mencapai semifinal setelah menumbangkan Uni Emirat Arab di perempat final. Sayangnya, Indonesia gagal meraih medali karena kalah dari Korea selatan di semifinal dan tumbang dari Kuwait di perebutan medali perunggu.

4. Pertama Kali Tampil di Piala Asia

Sejarah lainnya yang diukir Timnas Indonesia pada masa kepemimpinan ayah Titiek Soeharto terjadi di level Piala Asia. Sebab, untuk kali pertama dalam sejarah, Indonesia akhirnya lolos ke putaran final.

Momen ini terjadi pada edisi 1996. Sayangnya, pada penampilan pertamanya di Piala Asia itu, skuad garuda hanya mencetak satu poin saja, hasil dari laga imbagn kontra Kuwait dengan skor 2-2.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #prestasi #timnas #indonesia #saat #ayah #titiek #soeharto #menjabat #sebagai #presiden

KOMENTAR