Media Vietnam Bandingkan SUGBK dan JIS Jelang Laga Away Kontra Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta ketika menghelat laga Timnas Indonesia vs Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2022, 6 Januari 2023. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)
18:12
13 Pebruari 2024

Media Vietnam Bandingkan SUGBK dan JIS Jelang Laga Away Kontra Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Menurut Dan Tri, media Vietnam, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dianggap sebagai tempat yang menakutkan bagi tim tamu.

Selain itu, Jakarta International Stadium (JIS) juga mendapat ulasan positif sebagai stadion baru dan modern.

Timnas Vietnam memang akan melakoni matchday 3 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua dengan bermain tandang melawan Timnas Indonesia.

Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung di SUGBK pada 21 Maret 2024 mendatang, sebelum limahari berselang giliran Vietnam yang menjamu Timnas Indonesia di Hanoi.

SUGBK dan JIS Dibandingkan

Di Indonesia, terdapat banyak stadion yang dapat dijadikan sebagai kandang Timnas Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia juga sempat bermain home di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya dan Stadion Jakabaring, Palembang di FIFA Matchday.

Media Vietnam Dan Tri menyoroti fakta bahwa Jakarta International Stadium (JIS) belum pernah digunakan sebagai kandang untuk pertandingan Timnas Indonesia. Meskipun menurut ulasan Dan Tri, JIS merupakan stadion yang modern.

"Pada tahun 2022, Jakarta membangun stadion baru bernama JIS dengan kapasitas 82.000 penonton. Stadion ini sangat modern, dilengkapi atap yang dapat digeser, dibuka, dan ditarik kembali sesuai kebutuhan," tulis Dan Tri.

"Meskipun demikian, pertandingan internasional tim Indonesia jarang diselenggarakan di JIS."

Di sisi lain, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi markas utama Timnas Indonesia dengan nilai sejarah yang panjang dan memiliki daya 'magis' khusus bagi skuad Garuda.

Dan Tri mengakui keistimewaan stadion ini.

"Ketika Timnas Indonesia bermain di ibu kota, Stadion Gelora Bung Karno seringkali menjadi pilihan karena memiliki nilai sejarah dan efek suara yang mengerikan," tulis Dan Tri.

"Efek suara di Gelora Bung Karno dapat membuat tim lawan merasa tertekan. Terakhir kali Tim Vietnam melawan Indonesia di stadion ini adalah dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2022."

"Tak diragukan, laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Jakarta nanti akan jadi laga yang berat buat Timnas Vietnam."

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #media #vietnam #bandingkan #sugbk #jelang #laga #away #kontra #timnas #indonesia #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR