Qatar ke Final Piala Asia 2023 Pakai Full Pemain Liga Lokal, Nasihat Shin Tae-yong Kian Terbukti
Para pemain Timnas Qatar tampil di Piala Asia 2023. [Giuseppe CACACE / AFP]
21:12
10 Februari 2024

Qatar ke Final Piala Asia 2023 Pakai Full Pemain Liga Lokal, Nasihat Shin Tae-yong Kian Terbukti

Banyak yang mungkin belum menyadari bahwa Timnas Qatar melaju ke final Piala Asia 2023 hanya bermodalkan para pemain yang berkarier di liga mereka sendiri.

Fakta tersebut seperti memperkuat nasihat Shin Tae-yong untuk PSSI terkait upaya meningkatkan kualitas Timnas Indonesia di masa mendatang.

Shin Tae-yong, sempat mengatakan hal itu setelah Timnas Indonesia tersingkir di babak 16 besar Piala Asia 2023 usai kalah 0-4 dari Australia pada 28 Januari lalu.

Meski Timnas Indonesia banyak mengandalkan talenta pemain keturunan, Shin Tae-yong menyebut mutu kompetisi domestiklah yang akan berperan dalam menciptakan karakter tim nasional yang kuat.

"Saya cukup puas dengan peran PSSI dan dukungan dari mereka. Namun berkali-kali saya sampaikan, Liga Indonesia harus lebih kuat," kata Shin Tae-yong saat itu.

"Agar karakter Timnas Indonesia juga bisa ditopang oleh level kompetisi. Jadi itulah beberapa perubahan yang sangat diperlukan," tambahnya.

Pelatih Timnas Indonesia Senior dan Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia Senior dan Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (pssi.org)

Pernyataan Shin Tae-yong kini dibuktikan oleh Qatar. Tuan rumah Piala Asia 2023 itu tinggal selangkah lagi untuk mempertahankan gelar juara di ajang akbar empat tahunan tersebut.

Qatar selaku juara Piala Asia 2019 atau edisi sebelumnya, mampu melangkah ke final edisi tahun ini bermodalkan seluruh pemain yang berkarier di kompetisi domestik.

Kendati tidak semua pemain itu murni berdarah Qatar, fakta bahwa seluruhnya bermain di liga lokal menunjukkan betapa tinggi mutu atau kualitas kompetisi kasta teratas mereka.

Para pemain andalan Qatar seperti Akram Afif, Almoez Ali hingga Hasan Al-Haydos masing-masing bermain di klub domestik negara mereka sendiri.

Afif dan Al-Haydos tercatat bermain untuk Al-Sadd SC, sementara Almoez Ali berseragam klub Al Duhail SC.

Di babak final Piala Asia 2023, Qatar akan berhadapan dengan Yordania, tim kuda hitam yang menunjukkan penampilan paling mengesankan di ajang ini.

Duel Qatar menghadapi Yordania dijadwalkan berlangsung di Stadion Lusail, Qatar pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #qatar #final #piala #asia #2023 #pakai #full #pemain #liga #lokal #nasihat #shin #yong #kian #terbukti

KOMENTAR