Saddil Ramdani Dicoret dari Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Apa Alasannya?
Winger Timnas Indonesia, Saddil Ramdani coba melewati hadangan pemain Libya dalam laga uji coba di Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024). [Dok. PSSI]
11:24
11 Januari 2024

Saddil Ramdani Dicoret dari Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Apa Alasannya?

Alasan Pelatih Timnas Indonesia coret Saddil Ramdani dari skuad Piala Asia 2023 terkuak. Seperti disampaikan Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji bahwa Saddil tidak masuk kriteria Shin Tae-yong.

Daftar 26 pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 sudah diputuskan. Hasilnya, dua nama tak dipilih oleh Shin Tae-yong yakni Saddil Ramdani dan Arkhan Fikri.

Saddil pada awalnya masuk dalam skuad. Ternyata dalam penentuan skuad final, ia malah dibuang di mana sebelumnya adalah Adam Alis.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji saat ditemui di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (10/8/2023). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji saat ditemui di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (10/8/2023). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]

Sumardji mengatakan bahwa pencoretan Saddil murni masalah teknis. Pemain yang sebelumnya memperkuat Sabah FC itu tidak masuk dalam kriteria Shin Tae-yong.

Namun, tidak dijelaskan kriteria yang dimaksud juru formasi asal Korea Selatan itu. Kemungkinan, ini murni untuk strategi permainan.

"Pertimbangannya adalah teknis. Ada kriteria-kriteria yang dinilai oleh Coach Shin Tae-yong," kata Sumardji kepada awak media.

"Penilaiannya itu mulai dari teknis sampai strategi," sambung lelaki yang juga Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari sampai 10 Februari mendatang. Timnas Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Timnas Indonesia dijadwalkan melawan Irak pada 15 Januari kemudian disusul Vietnam empat hari setelahnya. Kemudian, di laga pamungkas Grup D akan bersua dengan Jepang pada 24 Januari 2024.

Timnas Indonesia memiliki target lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Oleh sebab itu, butuh kerja keras mengingat lawan yang dihadapi begitu kuat.

Editor: Reky KalumataAdie Prasetyo Nugraha

Tag:  #saddil #ramdani #dicoret #dari #skuad #timnas #indonesia #piala #asia #2023 #alasannya

KOMENTAR