Perjalanan Hebat Yordania Cetak Sejarah ke Final Piala Asia 2023, Termasuk Kalahkan Timnas Indonesia di Kualifikasi
Selebrasi para pemain Yordania setelah memenangi laga melawan Tajikistan (the-afc.com)
16:54
7 Februari 2024

Perjalanan Hebat Yordania Cetak Sejarah ke Final Piala Asia 2023, Termasuk Kalahkan Timnas Indonesia di Kualifikasi

Jalan mulus Yordania sampai sukses mencetak sejarah di Piala Asia 2023, sempat dibuat kesulitan Timnas Indonesia di babak kualifikasi.

Sejarah besar bagi Yordania usai melaju ke partai final Piala Asia 2023, tim yang sempat dibuat sulit Timnas Indonesia di babak kualifikasi.

Kesuksesan Yordania melaju ke final Piala Asia 2023 dipastikan setelah mengalahkan Korea Selatan di babak semifinal, Selasa (6/2/2024).

Disaksikan ribuan pasang mata yang hadir langsung di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Korea Selatan dibuat tak berkutik Yordania.

Dua gol Yazan Al-Naimat (53') dan Musa Al-Taamari (66') memastikan kepulangan Korea Selatan dari ajang bergengsi sepak bola Asia ini.

Korea Selatan bahkan tak mampu mendapat satu pun peluang tepat sasaran dari 8 kali percobaan selama 90 menit pertandingan.

Final Piala Asia 2023 menjadi prestasi terbaik Yordania, setelah hanya bisa mencapai perempat final di edisi-edisi sebelumnya.

Kini Yordania hanya tinggal menanti lawan, pemenang hasil pertandingan Iran melawan Qatar yang digelar pada Rabu (7/2/2024).

Perjalanan Yordania di Piala Asia 2023

Yordania melalui babak kualifikasi tergabung di Grup A bersama Indonesia, Kuwait dan Nepal digelar pada pertengahan tahun 2022.

Mampu menyapu bersih 3 pertandingan, dimulai menggulung Nepal 2-0, mengalahkan Timnas Indonesia 1-0 dan membekuk Kuwait 3-0.

Hanya Timnas Indonesia yang mampu memberi perlawanan sengit, Yordania bahkan dibuat tak berkutik selama babak pertama.

Meski berhasil mencetak gol semata wayang di awal babak kedua dan berhasil mempertahankan skor 1-0 tersebut.

Di putaran final Piala Asia 2023, Yordania tergabung di Grup E bersama Malaysia, Korea Selatan dan Bahrain.

Malaysia dibekuk 4-0, imbang 2-2 melawan Korea Selatan dan kembali memetik kemenangan atas Bahrain 1-0.

Raihan 7 poin membawa Yordania melaju ke babak 16 besar bertemu Irak, keberuntungan pun sempat mereka alami.

Sempat tertinggal 2-1 hingga waktu normal berakhir, beruntung Yordania mampu membalikkan kedudukan usai mencetak dua gol di injury time dalam tempo dua menit.

Kemenangan dramatis atas Irak membawa Yordania melaku ke babak perempat final dan berjumpa Tajikistan, hasil pertandingan pun cukup mengejutkan.

Yordania hanya mampu mencetak satu gol di pertandingan ini, itu pun berkat gol bunuh diri Vakhdat Khanonov menit ke-66.

Kkuatan tempur Yordania baru terlihat di laga semifinal melawan Korea Selatan, di mana Taeguk Warriors dipecundangi dengan skor 2-0.

Kontributor: Eko

Editor: Arif Budi

Tag:  #perjalanan #hebat #yordania #cetak #sejarah #final #piala #asia #2023 #termasuk #kalahkan #timnas #indonesia #kualifikasi

KOMENTAR