United E-Motor One Make Race, Ajang Balap Sepeda Motor Listrik Pertama di Indonesia Lahirkan Juara Baru
United E-Motor One Make Race sukses digelar di Sirkuit Gokart Sentul (Dony)
21:26
13 Oktober 2024

United E-Motor One Make Race, Ajang Balap Sepeda Motor Listrik Pertama di Indonesia Lahirkan Juara Baru

- Salah satu strategi memasifkan sepeda motor listrik yang dilakukan jenama United E-Motor dalam kejuaraan road Race cukup sukses. Ajang balap khusus motor listrik pertama di Indonesia ini diselenggarakan United E-Motor, merek motor listrik lokal besutan PT Terang Dunia Internusa Tbk.

United E-Motor One Make Race diadakan di Sentul International Karting Circuit pada Minggu (13/10) mempertandingkan 3 kategori kelas, yaitu kelas United TX3000, kelas United MX1200 dan kelas Avand SC Series (SC 121 & SC 122). Ketiga kategori kelas tersebut juga diikuti para pembalap nasional.

Direktur UNTD, Henry Mulyadi yang di temui di sela-sela lomba mengungkapkan bangga dengan suksesnya ajang balap ini.

Pasalnya ini adalah sebuah ajang besar dan profesional dimana United E-Motor jadi brand motor listrik pertama yang berhasil menggelar kejuaraan balap motor listrik pertama di Indonesia.

"Ini juga jadi pembuktian bahwa produk United E-Motor tidak semata-mata hanya produk motor listrik biasa, namun sudah race proven, kemampuannya sudah teruji hingga di medan balap sekalipun,“ ungkap Henry Mulyadi.

Para juara di kelas bergengsi United TX3000 dalam kejuaraan United E-Motor One Make Race 2024. (Dony)

Henry menambahkan bahwa di Sirkuit ini juga menjadikan laboratorium bagi United E-Motor dalam melakukan inovasi.

Bahkan juga sebagai pembuktian bahwa baterai SLA (Sealed Lead Acid) yang digunakan pada tipe United MX1200 dan Avand SC Series juga tangguh dan teruji di lintasan balap.

United E-Motor One Make Race yang didukung oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), PLN dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) berlangsung cukup ketat. Dengan hasil akhir balapan yang memuaskan untuk ketiga kategori yang dipertandingkan.

United MX1200 menjadi kelas pertama yang dipertandingkan. Posisi pertama diraih pembalap muda asal Banten, Aan Riswanto yang membubuhkan catatan waktu 13:56.446. Pada posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Putra Oktario dan Muhammad Iqbal dengan catatan waktu masing-masing 14:04.384 dan 14:10.971.

Di posisi keempat dan kelima, ada Muhammad Rivqi Alatas yang melaju dengan catatan waktu 14:12.459 dan Keane Serhapyra yang mencatatkan waktu 14:13.437.

Sementara itu, di kelas bergengsi United TX3000 pembalap senior Muhammad Nurgianto berhasil mengalahkan para pesaingnya dengan catatan waktu tercepat 12:11.868. Disusul Aan Riswanto di posisi kedua dengan catatan waktu yang sangat tipis yaitu 12:11.966.

Pada posisi ketiga, ada Tommy Salim, pembalap nasional asal Surabaya yang menjuarai Supermoto Race 2024. Ia berhasil mencatatkan waktu 12:12.078. Posisi keempat dan kelima ditempati oleh Muhammad Rivqi Alatas (12:14.183) dan Bobby M. Lopulalan (12:32.209).

Sedangkan di kelas Avand SC Series (SC 121 & SC 122) yang merupakan kelas terakhir yang dipertandingkan, Muhammad Rivqi Alatas berhasil meraih peringkat pertama mengalahkan pesaingnya.

Pebalap muda asal Surabaya yang juga berlaga di 2 kelas sebelumnya berhasil mencatatkan waktu 15:47.844. Sedangkan Aan Riswanto menempati posisi kedua dengan catatan waktu 15:48.411.

Ahmad Saugi, pembalap yang dinobatkan sebagai juara umum PLN Conversion EV Race 2024 Seri 1 berada di peringkat ketiga dengan catatan waktu yang sangat tipis dari Aan Riswanto, yaitu 15:48.888. Pada posisi keempat dan kelima diraih oleh Reynaldi Fabiano (16:02.283) dan Tommy Salim (16:05.278).

“Saya berharap kedepannya kejuaraan seperti ini bisa lebih meriah lagi. Semoga bisa lebih banyak lagi peserta berikutnya dan kelasnya lebih banyak lagi,” ujar Ahmad Saugi saat diwawancara usai race yang dilakukan.

Seluruh unit motor listrik United E-Motor yang digunakan untuk balapan tidak ada yang mengalami perubahan atau modifikasi apapun dari seluruh aspek kelistrikannya, semua sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh pabrikan.

“Motor kita itu engine nya semua orisinil, jadi yang dipakai race sesuai dengan (spesifikasi) yang ada. Hanya ada beberapa parts yang dikurangi yang sekiranya dapat mengganggu kelancaran race, seperti lampu depan dan kickstand atau standar motor,” jelas Henry Mulyadi.

Henry juga menambahkan rencanannya ini akan menjadi agenda tahunan, seiring dengan produk baru yang akan dikeluarkan nantinya. 

 

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #united #motor #make #race #ajang #balap #sepeda #motor #listrik #pertama #indonesia #lahirkan #juara #baru

KOMENTAR