Semifinal Piala Asia 2023: Pelatih Korea Selatan Tersenyum saat Bahas Yordania, Meremehkan?
Pelatih timnas Korea Selatan asal Jerman, Jurgen Klinsmann menghadiri sesi latihan tim di Lusail, utara Doha pada 5 Februari 2024, menjelang pertandingan semifinal Piala Asia 2023 melawan Yordania. KARIM JAAFAR / AFP.
12:12
6 Februari 2024

Semifinal Piala Asia 2023: Pelatih Korea Selatan Tersenyum saat Bahas Yordania, Meremehkan?

Pelatih Korea Selatan, Jurgen Klinsmann tampak senang dan percaya diri saat membahas pertandingan semifinal Piala Asia 2023 melawan Yordania.

Juru taktik karismatik asal Jerman itu menegaskan sangat menikmati pengalaman perdananya memimpin sebuah tim di Piala Asia.

Dia pun menyebut Korea Selatan siap dan sangat percaya diri untuk melangkah ke babak final kendati sadar Yordania bukanlah lawan yang mudah dikalahkan.

“Ada banyak emosi dan kami yakin kami bisa mewujudkannya (lolos ke final Piala Asia 2023)," kata Klinsmann dikutip dari AP News, Selasa (6/2/2024).

"Kami tahu Yordania akan menjadi lawan yang sulit. Mereka adalah tim yang sangat bagus dan kami siap menghadapi mereka. Secara pribadi saya menikmati setiap detik turnamen ini.”

Pernyataan Klinsmann tercermin dari raut wajahnya yang kerap menebar senyum dan tak terlihat tanda-tanda terbebani oleh ekspektasi membawa Korea Selatan meraih juara Piala Asia yang kali terakhir diraih pada 1960.

Bek Yordania #03 Abdallah Nasib dan gelandang Korea Selatan #07 Son Heung-min berebut bola pada pertandingan kedua Grup E Piala Asia 2023 antara Yordania vs Korea Selatan di Stadion Al-Thumama di Doha pada 20 Januari 2024.Giuseppe CACACE / AFP.Bek Yordania, Abdallah Nasib dan gelandang Korea Selatan #07 Son Heung-min berebut bola pada pertandingan kedua Grup E Piala Asia 2023 antara Yordania vs Korea Selatan di Stadion Al-Thumama di Doha pada 20 Januari 2024.Giuseppe CACACE / AFP.

Ketenangan pelaih 59 tahun itu mungkin bisa dimaklumi mengingat segudang pengalaman yang dia miliki baik ketika masih bermain maupun saat berkarier sebagai pelatih.

Saat masih bermain, Klinsmann adalah bagian Timnas Jerman yang menjuarai Piala Dunia 1990. Sementara di level manajerial, dia beberapa kali membawa timnya meraih medali.

Klinsmann adalah pelati yang membawa Amerika Serikat meraih Gold Cup CONCACAF pada 2013 dan menjadi runner-up dua tahun kemudian.

Sementara saat melatih Timnas Jerman, Klinsmann mempersembahkan medali perunggu di Piala Dunia 2006.

Alhasil, keberhasilan membawa Korea Selatan ke semifinal Piala Asia 2023 membuat Klinsmann telah empat kali membawa sebuah tim melaju ke babak empat besar sebuah turnamen mayor.

“Saya selalu percaya begitu Anda berhasil memasuki sebuah turnamen, setelah Anda menyelesaikan beberapa pertandingan pertama Anda, Anda membangun kepercayaan diri yang lebih besar,” kata Klinsmann.

“Sekarang rasa percaya diri sudah ada karena kami melalui pertandingan-pertandingan sulit."

Meski lebih diunggulkan dari Yordania, Korea Selatan mungkin harus berkaca dari pertemuan terakhir mereka dengan negara Timur Tengah itu di fase grup.

Pasalnya, Son Heung-min dan kawan-kawan harus susah payah terhindar dari kekalahan dengan gol bunuh diri Yazan Al Arab di masa injury time menyelamatkan Taeguk Warriors dan memaksa laga berakhir imbang 2-2.

Duel Korea Selatan vs Yordania di semifinal Piala Asia 2023 akan berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Qatar, Selasa (6/2/2024) pukul 22.00 WIB.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #semifinal #piala #asia #2023 #pelatih #korea #selatan #tersenyum #saat #bahas #yordania #meremehkan

KOMENTAR