Lawan Jordi Amat, Andres Iniesta Resmi Gantung Sepatu dengan 36 Trofi
Andres Iniesta saat mencetak gol di final Piala Dunia 2010. (Pedro Ugarte/AFP).
17:24
8 Oktober 2024

Lawan Jordi Amat, Andres Iniesta Resmi Gantung Sepatu dengan 36 Trofi

Legenda Spanyol dan Barcelona, Andres Iniesta resmi mengumumkan pensiun dari sepak bola setelah menjalani karier selama 22 tahun.

Iniesta mengumumkan pensiun dari sepak bola via video yang diunggah pada Senin 7 Oktober 2024 malam waktu setempat. Di video itu, Iniesta ucapkan terima kasih mendalam kepada sejumlah orang yang membantu kariernya di lapangan hijau.

Jebolan La Masia itu tercatat telah melakoni 675 pertandingan di semua kompetisi. Karier profesionalnya di mulai saat ia menembus tim B Barcelona pada 2002.

Gelandang gaek Vissel Kobe, Andres Iniesta (kanan) saat membela timnya pada laga derbi Kansai di Liga Utama Jepang atau Meiji Yasuda J1 League 2022. [J League]Gelandang gaek Vissel Kobe, Andres Iniesta (kanan) saat membela timnya pada laga derbi Kansai di Liga Utama Jepang atau Meiji Yasuda J1 League 2022. [J League]

Pada 2002, ia promosi ke tim utama Barcelona dan bertahan di Nou Camp selama 16 tahun. Sepanjang kariernya, Iniesta telah mencetak 57 gol dan 135 assist untuk Barcelona.

Baca Juga: Pemain Timnas Indonesia Nikmati Sesi Latihan, Aura Kemenangan Makin Terasa?

Tak hanya gol dan asisst, profesor di lini tengah Blaugrana itu juga mempersembahkan 29 gelar. Di antaranya 9 trofi LaLiga dan 4 juara Liga Champions.

Saat masih di Barcelona, Iniesta sempat head to head dengan bek Timnas Indonesia, Jordi Amat. Keduanya bertemu pada musim 2012/2013.

Pertemuan Jordi Amat dengan Iniesta terjadi laga bertajuk Derbi Catalan. Jordi saat itu masih membela Espanyol. Kala itu, Jordi Amat harus menghadapi Iniesta dan rekannya Xavi Hernandez yang di era itu dianggap sebagai duet gelandang terbaik di dunia.

Jordi Amat dan shin tae-yong (IG Jordi Amat)Jordi Amat dan shin tae-yong (IG Jordi Amat)

Mendekati penghujung karier, Iniesta merantau ke Liga Jepang bergabung dengan Vissel Kobe. Iniesta sukses meraih 3 gelar bersama Kobe, termasuk trofi J1 League pada 2023.

Bersama Vissel Kobe, ia mencetak 26 gol dan 25 assist dalam 134 penampilan. Klub Uni Emirat Arab, Emirates, menjadi tim terakhir Iniesta. Ia membela Emirates sejak 2023.

Baca Juga: Di Balik Memori Kelam 2012, Ternyata Timnas Indonesia Tak Terlalu Inferior saat Bersua Bahrain

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #lawan #jordi #amat #andres #iniesta #resmi #gantung #sepatu #dengan #trofi

KOMENTAR