Terungkap! Nathan Tjoe-A-On Punya Rekan Orang Indonesia Bahkan Sebelum Dinaturalisasi
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On (Tengah) saat berlatih bersama Swansea City (Instagram/nathannoel)
14:12
8 Oktober 2024

Terungkap! Nathan Tjoe-A-On Punya Rekan Orang Indonesia Bahkan Sebelum Dinaturalisasi

Bek sayap Swansea City, Nathan Tjoe-A-On ternyata sudah lebih dulu memiliki rekan asal Indonesia bahkan sebelum dirinya dinaturalisasi.

Hal itu terungkap ketika situs statistik Transfermarkt mewawancarai YouTuber Indonesia yang fokus membahas para pemain keturunan, Yussa Nugraha.

Yussa Nugraha menjelaskan bahwa sebelum menjadi YouTuber, dirinya sempat meniti karier sebagai pesepak bola di Belanda.

Pada 2013, dia bergabung dengan tim muda Scheven sebelum masuk akademi Feyenoord satu tahun berselang.

Baca Juga: Siapa Vince van der Bas? Kiper Belanda yang Diam-diam Bisa Dinaturalisasi Timnas Indonesia

Setelahnya, Yussa sempat vakum bermain selama lima tahun karena mengalami cedera parah Posterior Cruciate Ligament (PCL).

Pada 2019, dirinya kembali merumput dengan bergabung bersama HBS U-19, sebelum setahun kemudian dipromosikan ke HBS U-23.

Dari HBS U-23, Yussa Nugraha pun mengakhiri kariernya di Belanda karena pulang ke Indonesia dan berseragam Persis Solo U-20 pada 2021.

Setelahnya dia sempat membela Nusantara United selama musim 2022 dengan status pinjaman, sebelum kembali ke Persis U-20 pada 2013 dan kini tanpa klub.

Selama di Belanda, Yusa mengaku pernah berhadapan dengan beberapa pemain keturunan yang kini membela Timnas Indonesia.

Baca Juga: Siapa Zulham Subari? Ilustrator yang Bocorkan Kevin Diks ke Jakarta Ternyata Pernah Ditegur Staf Timnas Indonesia

Yussa Nugraha vs Nathan Tjoe-A-On. (TikTok/@garuda1708)Yussa Nugraha vs Nathan Tjoe-A-On. (TikTok/@garuda1708)

Dua nama yang dia sebut dalam wawancara dengan Transfermarkt adalah Mees Hilgers dan Nathan Tjoe-A-On.

"Ada, satu temanku satu tim yang pernah saya wawancara juga dan teryata saya juga baru tahun jika dirinya memiliki keturunan Indonesia, namanya Danilson dan saat ini dirinya bermain di Liga Portugal," kata Yussa Nugraha dikutip dari Transfermarkt.

"Trus untuk yang lawan dan waktu itu main bareng (satu Liga) ada Mees Hilgers sama Nathan Tjoe-A-On," tambahnya.

Nasib Yussa, Mees dan Nathan kini berbeda. Nama pertama fokus meniti karier sebagai YouTuber, sementara dua terakhir masih aktif dan bahkan kini membela Timnas Indonesia.

Nathan Tjoe-A-On dinaturalisasi pada Maret 2024. Sejauh ini dia telah memainkan 13 pertandingan bersama Timnas Indonesia dengan rincian tujuh di tim U-23 dan enam di level senior.

Terkini, Nathan kembali dipercaya Shin Tae-yong masuk dalam skuad Timnas Indonesia yang akan menghadapi Bahrain dan China dalam dua laga lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dua pertandingan itu masing-masing dijadwalkan berlangsung pada Kamis (10/10/2024) untuk laga tandang kontra Bahrain, dan 15 Oktober untuk pertandingan di markas China.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #terungkap #nathan #tjoe #punya #rekan #orang #indonesia #bahkan #sebelum #dinaturalisasi

KOMENTAR