Timnas Indonesia Tersingkir, Shin Tae-yong Ungkap Prediksi Calon Juara Piala Asia 2023
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memberi arahan kepada pemainnya saat melawan Timnas Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). ANTARAFOTO/Yusran Uccang/nym
07:42
29 Januari 2024

Timnas Indonesia Tersingkir, Shin Tae-yong Ungkap Prediksi Calon Juara Piala Asia 2023

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membagikan prediksi terkait calon juara Piala Asia 2023 usai timnya tersingkir di babak 16 besar.

Perjalanan bak dongeng Timnas Indonesia dihentikan Australia dalam pertandingan di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Minggu (28/1/2024).

Skuad Garuda dihancurkan tim berjuluk The Socceroos dengan skor telak 0-4 di mana Rafael Struick dan kawan-kawan dibuat sangat kesulitan untuk menembus pertahanan lawan.

Dalam konferensi pers pasca pertandingan, Shin Tae-yong mengungkapkan prediksi terkait calon juara Piala Asia 2023.

Selain negara kelahirannya, Korea Selatan, juru taktik berusia 53 tahun itu menjagokan Jepang, Irak, Iran, serta Australia bisa menjadi yang terbaik di ajang ini.

"Selain itu {Irak, Jepang dan Australia) ada Iran dan Korea. Saya rasa kelima tim itu yang akan bersaing sengit untuk menjadi juara," kata Shin Tae-yong dikutip dari Antara.

Cuplikan Laga Timnas Indonesia vs. Australia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023. (pssi.org)Cuplikan Laga Timnas Indonesia vs. Australia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023. (pssi.org)

Terkait perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Shin Tae-yong mengaku bangga dengan para pemainnya. Dia menilai Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan sudah berjuang keras.

"Kami tetap menunjukkan perkembangan karena pemain bermain dengan baik, mereka mengikuti arahan dan instruksi di setiap pertandingan," kata Shin Tae-yong.

Meski tak bisa melangkah lebih jauh, Shin Tae-yong telah menunaikan target PSSI yang meminta Timnas Indonesia minimal bisa melangkah ke babak 16 besar.

Pencapaian ini bahkan menjadi sejarah tersendiri di mana untuk pertama kali dalam ajang Piala Asia, Timnas Indonesia berhasil melangkah ke fase gugur.

Pada empat edisi sebelumnya yakni Piala Asia 1996, 2000, 2004 dan 2007, Timnas Indonesia selalu terhenti di fase grup.

Shin Tae-yong pun berterima kasih kepada jajaran pengurus PSSI yang dia sebut telah memberikan dukungan maksimal dalam upaya Timnas Indonesia meraih hasil bagus di Piala Asia 2023.

"PSSI mendukung saya dengan sangat baik, memberikan kepercayaan dan kebebasan kepada saya dalam proses latihan. Terima kasih untuk mereka," kata Shin.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #tersingkir #shin #yong #ungkap #prediksi #calon #juara #piala #asia #2023

KOMENTAR