14 Negara Resmi ke 16 Besar Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Susul Thailand atau Vietnam?
Trofi Piala Asia. [Karim Sahib / AFP]
21:00
25 Januari 2024

14 Negara Resmi ke 16 Besar Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Susul Thailand atau Vietnam?

Sebanyak 14 negara resmi melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2023 hingga 25 Januari 2024. Artinya, masih tersisa dua slot yang bisa diperebutkan Timnas Indonesia dan beberapa negara lain.

Timnas Qatar selaku tuan rumah menjadi tim pertama yang melangkah ke 16 besar Piala Asia 2023. Terbaru, ada Jepang yang mengamankan tiket ke fase gugur usai menggulung Timnas Indonesia 3-1.

Jepang mengalahkan skuad Garuda dalam matchday ketiga Grup D yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar pada Rabu (24/1/2024).

Selain mereka, negara-negara yang sudah dipastikan melangkah ke 16 besar adalah Arab Saudi, Australia, Tajikistan, Uni Emirat Arab, Irak, Iran, Uzbekistan, Palestina, Suriah, Yordania, Korea Selatan, dan Thailand.

Mampukah Timnas Indonesia Lolos?

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong menyaksikan sepak bola Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang dan Indonesia di Stadion al-Thumama, Doha,  Qatar, Rabu (24/1/2024). [HECTOR RETAMAL / AFP]Pelatih Indonesia Shin Tae-yong menyaksikan sepak bola Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang dan Indonesia di Stadion al-Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024). [HECTOR RETAMAL / AFP]

Timnas Indonesia menyelesaikan pertarungan di Grup D Piala Asia 2023 dengan menempati posisi ketiga dalam klasemen akhir.

Pasukan Shin Tae-yong berhasil mengumpulkan tiga poin dari tiga pertandingan yang telah dilakoninya.

Kekalahan dari Jepang membuat Timnas Indonesia untuk sementara menduduki urutan empat dalam klasemen peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023.

Posisi tim Merah Putih belum aman lantaran masih bisa tergeser oleh Oman dan Kirgistan yang akan memainkan matchday terakhir Grup F malam ini, Kamis (25/1/2024).

Skenarionya, Oman tidak boleh mengalahkan Kirgistan dalam laga nanti, atau Kirgistan berhasil menang dengan skor tak lebih dari 1-0.

Sementara itu, terdapat satu skenario lain agar Timnas Indonesia bisa menyusul Thailand alih-alih Vietnam yang telah tersingkir, yakni dengan bergantung hasil Bahrain vs Yordania di Grup E.

Bahrain saat ini menduduki urutan tiga klasemen peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023 dengan koleksi tiga poin, tetapi unggul selisih gol dari Garuda yakni -1 berbanding -3.

Andai Bahrain kalah dari Yordania dengan skor 0-2 atau lebih, maka posisi mereka bakal dikangkangi Timnas Indonesia.

Jika situasi itu terjadi, hasil apapun yang tercipta dalam laga Oman vs Kirgistan tak akan membuat posisi Timnas Indonesia keluar dari empat besar klasemen peringkat tiga terbaik.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #negara #resmi #besar #piala #asia #2023 #timnas #indonesia #susul #thailand #atau #vietnam

KOMENTAR