Perbandingan Harga Pasar Maarten Paes vs Filip Nguyen Kiper Naturalisasi Timnas Vietnam
Maarten Paes vs Filip Nguyen. (Instagram/maartenpaes/filipnguyen)
14:49
9 Januari 2024

Perbandingan Harga Pasar Maarten Paes vs Filip Nguyen Kiper Naturalisasi Timnas Vietnam

Calon kiper naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes, bakal mengungguli kiper naturalisasi Timnas Vietnam, Filip Nguyen. Keunggulan ini mempertimbangkan perbandingan harga pasar kedua penjaga gawang tersebut.

Timnas Indonesia sebentar lagi bakal mendapatkan amunisi tambahan berupa kiper naturalisasi setelah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berjumpa dengan Maarten Paes pada Senin (8/1/2023) di Jakarta.

Erick Thohir menjelaskan, pertemuannya dengan Maarten Paes tak terlepas dari proses naturalisasi yang akan dilakukan terhadap pemain kelahiran Belanda itu untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia.

"Setelah tiba di Jakarta kemarin, Maarten Paes segera memulai proses naturalisasi," kata Erick Thohir dalam pernyataan yang diambil dari akun Instagram resminya pada Senin (8/1/2024).

Jika nantinya telah resmi menjadi kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes bakal menghadapi persaingan dengan kiper naturalisasi Timnas Vietnam, Filip Nguyen, terutama jika mempertimbangkan harga pasarnya.

Berikut Suara.com menyajikan ulasan perbandingan harga pasar antara dua kiper naturalisasi di ASEAN, yakni Maarten Paes dan Filip Nguyen.

Sebagai informasi, Filip Nguyen merupakan kiper naturalisasi milik Timnas Vietnam. Penjaga gawang kelahiran Praha pada 14 September 1992 ini tercatat memiliki garis keturunan Republik Ceko.

Jika merujuk pada data Transfermarkt, Filip Nguyen yang pernah berkarier bersama sejumlah klub kasta tertinggi Liga Ceko memiliki nilai pasar yang tak begitu tinggi karena hanya menyentuh Rp10,43 miliar.

Padahal, pada masa-masa keemasan kariernya, kiper berpostur 192 cm ini pernah dibanderol dengan nilai pasar sebesar Rp16,51 miliar, tepatnya ketika masih bermain untuk klub Slovan Liberec.

Nominal ini tentu sangat terpaut jauh dengan Maarten Paes yang kini berkarier di Liga Amerika Serikat alias Major League Soccer (MLS). Sebab, kiper berusia 25 tahun ini nilainya mencapai Rp20,86 miliar.

Dengan kata lain, nilai pasar Maarten Paes mencapai dua kali lipat jika dibandingkan dengan Filip Nguyen. Itu belum termasuk mempertimbangkan nilai pasar tertinggi yang pernah dimiliki Maarten Paes.

Pasalnya, saat masih bermain di Liga Belanda bersama FC Utrecht, Maarten Paes pernah dibanderol dengan nilai pasar yang mencapai Rp28,07 miliar.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #perbandingan #harga #pasar #maarten #paes #filip #nguyen #kiper #naturalisasi #timnas #vietnam

KOMENTAR