Gol Ayase Ueda ke Gawang Ernando Ari Ulang Momen 35 Tahun Silam, Timnas Indonesia Keteteran
Penyerang timnas Jepang Ayase Ueda mencetak gol pertama timnya dari tendangan penalti pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang vs Timnas Indonesia di Stadion al Thumama di Doha pada 24 Januari 2024. Giuseppe CACACE / AFP.
20:24
24 Januari 2024

Gol Ayase Ueda ke Gawang Ernando Ari Ulang Momen 35 Tahun Silam, Timnas Indonesia Keteteran

Gol cepat Ayase Ueda ke gawang kiper Ernando Ari mengulang momen 35 tahun lalu ketika Jepang menghancurkan Timnas Indonesia dengan skor telak 5-0.

Timnas Indonesia dan Jepang kembali bertemu dalam matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023 setelah kali terakhir berjumpa pada 1989.

Pada perjumpaan terakhir di kualifikasi Piala Dunia pada 11 Juni 1989, Timnas Indonesia dihajar lima gol tanpa balas.

Saat itu, skuad Garuda sudah kebobolan oleh Takafumi Horiike saat pertandingan baru berjalan lima menit.

Momen tersebut nyatanya kembali terulang di Piala Asia 2023. Jepang langsung membuka keunggulan saat laga baru berjalan enam menit.

Hal itu bermula dari blunder bek Jordi Amat yang membuat pelanggaran dengan menjatuhkan Ayase Ueda di kotak terlarang.

Gelandang Jepang Reo Hatate berebut bola dengan bek Indonesia Justin Hubner dalam laga Grup D Piala Asia 2023 yang digelar di Stadion al-Thumama, Doha, 24 Januari 2024.HECTOR RETAMAL / AFPGelandang Jepang Reo Hatate berebut bola dengan bek Indonesia Justin Hubner dalam laga Grup D Piala Asia 2023 yang digelar di Stadion al-Thumama, Doha, 24 Januari 2024.HECTOR RETAMAL / AFP

Wasit Khamis Al-Marri sempat berkonsultasi dengan video assistant referee (VAR) untuk memutuskan pelanggaran atau tidaknya tindakan Jordi Amat.

VAR kemudian memutuskan bek berdarah Spanyol itu melakukan pelanggaran. Dalam tayangan ulang, bek klub Malaysia Johor Darul Tazim (JDT) itu terlihat menarik tubuh Ueda.

Ayase Ueda pun dipercaya menjadi algojo penendang penalti. Sang striker tidak menyia-nyiakan kesempatan dengan melepaskan tembakkan keras ke sisi kanan atas yang gagal diantisipasi kiper Ernando Ari.

Gol Ayase Ueda seperti mengulang momen 35 tahun silam. Meski demikian, hingga babak pertama berakhir, Timnas Indonesia dipertemuan kali ini mampu menahan gempuran Jepang hingga cuma tertinggal 0-1.

Pada pertemuan 1989, Timnas Indonesia sudah kebobolan empat kali di babak pertama, sebelum akhirnya takluk 0-5 di mana Jepang mencetak gol terakhir lewat Hisashi Kurosaki pada menit 69 sebagaimana menyitat data 11v11.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #ayase #ueda #gawang #ernando #ulang #momen #tahun #silam #timnas #indonesia #keteteran

KOMENTAR