Sorry Ye! Jepang Tak Mau Ngalah Lawan Timnas Indonesia, Pojoknya Harus Menang
Bek timnas Jepang #02 Yukinari Sugawara berlari dengan bola melewati penyerang Irak #10 Mohanad Ali selama pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Irak vs Jepang di Stadion Kota Pendidikan di Al-Rayyan, sebelah barat Doha pada 19 Januari 2024 . Giuseppe CACACE / AFP.
11:30
24 Januari 2024

Sorry Ye! Jepang Tak Mau Ngalah Lawan Timnas Indonesia, Pojoknya Harus Menang

Timnas Jepang tidak mau main santai melawan Timnas Indonesia. Samurai Biru tetap berkeinginan untuk meraih kemenangan melawan Garuda.

Padahal Timnas Jepang dan Indonesia berpotensi bersama-sama melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dengan hasil pertandingan yang berakhir imbang.

Pertarungan penentuan Grup D Piala Asia menampilkan Jepang vs Indonesia pada Rabu (24/1/2024) malam WIB di Al Thumama Stadium. Kedua tim akan bertarung di arena yang menjadi saksi dari perjuangan mereka.

Head to Head Jepang vs Timnas Indonesia. (Suara.com)Head to Head Jepang vs Timnas Indonesia. (Suara.com)

Saati ini, Jepang menempati peringkat kedua di Grup D dengan mengumpulkan 3 poin, sedangkan Indonesia berada di bawahnya dengan poin yang sama namun selisih gol yang kurang menguntungkan.

Meski secara matematis, keduanya dapat melangkah ke babak selanjutnya apabila pertandingan berakhir imbang, namun Jepang menunjukkan tekad untuk meraih kemenangan.

Dengan demikian, Samurai Biru dapat melaju sebagai runner-up grup, sementara Indonesia harus bersaing di posisi tiga terbaik.

Pernyataan tersebut tidak sejalan dengan niat Jepang. Takumi Minamino, bintang Jepang, mengungkapkan tekad timnya untuk tampil maksimal dan meraih tiga poin penuh melawan Indonesia.

Gelandang berusia 29 tahun itu menegaskan bahwa mereka ingin tampil serakah sebelum memastikan diri melangkah ke babak berikutnya.

"Lawan akan tampil dengan motivasi 120 persen, dan kami tidak boleh membiarkannya. Kami harus berusaha semaksimal mungkin untuk melewati situasi sulit ini," kata gelandang Takumi Minamino.

Takumi Minamino menekankan pentingnya memenangkan pertandingan di depan mereka, serta menekankan bahwa menjadi serakah adalah hal yang paling utama saat ini.

Jika Indonesia mengalami kekalahan dari Jepang, peluang mereka untuk melangkah ke babak selanjutnya hanya bisa bergantung pada hasil pertandingan grup lainnya.

Garuda akan lolos jika Oman tidak mampu mengalahkan Kirgistan atau jika Bahrain kalah dari Yordania dengan selisih skor yang lebih besar dari kekalahan Indonesia melawan Jepang.

Timnas Indonesia yakin bisa atasi Jepang

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali percaya dengan kemampuan Asnawi Mangkualam cs sehingga Timnas Indonesia mampu atasi Jepang. Dengan kerja keras hal kecil bisa terjadi dalam sepak bola.

Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang, pada laga ketiga Grup D Piala Asia 2023 di Al Thumama Stadium, Rabu (24/1/2024) malam WIB. Di atas kertas skuad Garuda sama sekali tidak diunggulkan di laga ini.

Pertandingan ini menjadi penentu kedua tim di babak 16 besar Piala Asia 2023. Timnas Indonesia tak boleh terpeleset untuk memastikan langkah armada Shin Tae-yong ke fase selanjutnya.

Hasil imbang dan kemenangan sudah untuk Timnas Indonesia meraih tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Kemenangan membuat tim Merah Putih lolos sebagai runner-up Grup D, sedangkan imbang lewat peringkat tiga terbaik.

Jepang jelas lebih diunggulkan untuk menang. Akan tetapi, Skuad Garuda tetap masih ada peluang asalkan bekerja keras.

"Hari ini Pak Ketum, Pak Erick Thohir sudah berada di Doha. Semua koordinasikan beliau, coach Shin (Tae-yong) dan tim pelatih serta manajer berkoordinasi dengan Ketua Umum. Informasi yang kita dapat anak-aak Insya Allah dalam kondisi siap, melawan Jepang tak mudah," kata Zainudin Amali dalam keterangan resminya.

"Perjalanan di Piala Asia 2023, Jepang menang lawan Vietnam, tetapi tidak mudah, Vietnam unggul dulu. Bukan tidak mungkin (Indonesia kalahkan Jepang), di sepak bola semuanya bisa terjadi, tidak ada yang tidak mungkin, peringkat atas dikalahkan peringkat bawah."

"Irak di luar prediksi kita bisa mengalahkan Jepang. Prediksi kita kan Jepang menang, pemain-pemain Eropa, kondisi persiapan negaranya yang begitu bisa mengalahkan Jepang. Di sepak bola segala kemungkinan bisa terjadi, mudah-mudahan bisa kita lalui," ucapnya.

Zainudin Amali berpesan kepada Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan supaya membenahi beberapa hal yang menurutnya masih belum sempurna. Jika mengurangi kesalahan, bukan tak mungkin Jepang bisa diatasi.

"Saya kira hal paling utama adalah kerja sama tim. Walaupun intinya kita punya pemain inti dari beberapa klub, hingga bermain di Eropa, tidak bisa kerja sama ya tidak bisa apa-apa," ucapnya.

"Komunikasi juga harus ditingkatkan. Kita kegolan juga karena komunikasi pemain belakang kurang bagus waktu itu (Lawan Irak). Saya setuju dengan coach Shin, semua pemain harus teriak-teriak berkomunikasi," pungkasnya.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #sorry #jepang #ngalah #lawan #timnas #indonesia #pojoknya #harus #menang

KOMENTAR