Legenda Sepak Bola Zein Alhadad Minta Timnas Indonesia Tak Usah Ciut Lawan Jepang, Ini Alasannya
Para pemain Timnas Indonesia melakoni latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar jelang menghdapi Jepang di lanjutan Piala Asia 2023. [ANTARA FOTO/Yusran Uccang]
20:30
23 Januari 2024

Legenda Sepak Bola Zein Alhadad Minta Timnas Indonesia Tak Usah Ciut Lawan Jepang, Ini Alasannya

Legenda sepak bola Tanah Air, Muhammad Zein Alhadad meminta seluruh pemain Timnas Indonesia untuk tidak takut dan minder saat menghadapi tim raksasa, Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023.

Pada laga krusial yang akan dilangsungkan di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) pukul 18:30 WIB tersebut, baik Timnas Indonesia maupun Jepang akan menjalani pertandingan hidup mati untuk berburu tiket lolos ke babak 16 besar.

"Sepak bola sangat multikompleks dan sulit untuk me-manage, jadi peluangnya sama besar antara Indonesia dan Jepang untuk lolos 16 besar," ujar Zein Alhadad yang pernah berseragam Niac Mitra Surabaya pada era kompetisi Galatama tersebut, Selasa (23/1/2024).

Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan atau hasil imbang lawan Jepang supaya asa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 tetap ada.

Zein menjelaskan, kemenangan atas Vietnam dengan skor 1-0 pada matchday 2 Grup D Piala Asia 2023 membuat Timnas Indonesia mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, dan hal itu menjadi modal bagus jelang lawan Jepang.

"Memang level Jepang di atas kita, tapi sepak bola tidak bisa 1 + 1 = 2. Jadi, sama-sama punya peluang, tidak usah gentar. Semangat untuk Indonesia, semoga bisa lolos," ucap pria 62 tahun yang kini aktif sebagai pelatih itu, seperti dilansir Antara, Selasa (23/1/2024).

Pelatih yang pernah menjadi bagian dari tim pelatih Timnas Indonesia U-23 mendampingi Aji Santoso tersebut mempunyai keyakinan, jika para pemain Timnas Indonesia tampil dengan fighting spirit lawan Jepang maka peluang lolos 16 besar cukup terbuka lebar.

"Setelah melihat dua pertandingan Indonesia lawan Irak dan Vietnam (di Grup D Piala Asia 2023, saya beranggapan kalau Indonesia punya potensi dan prospek bagus saat lawan Jepang," katanya.

Zein juga memberi saran agar para penggawa Garuda tampil sabar dan pandai mengatur tempo permainan serta fokus sejak awal laga.

"Jangan kebobolan di menit-menit awal, perhatikan transisi menyerang maupun bertahan. Kemudian disiplin di lini belakang, main tenang dan jangan terburu-buru saat punya peluang," ucap pelatih yang saat ini sedang mengikuti proses akhir kursus kepelatihan A AFC Pro itu.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #legenda #sepak #bola #zein #alhadad #minta #timnas #indonesia #usah #ciut #lawan #jepang #alasannya

KOMENTAR