Vietnam Ganti Nama Pemain Naturalisasi Nguyen Xuan Son, Netizen: David da Silva Jadi Dadang
David da Silva dan Nguyen Xuan Son (Kolase Suara.com)
10:06
22 September 2024

Vietnam Ganti Nama Pemain Naturalisasi Nguyen Xuan Son, Netizen: David da Silva Jadi Dadang

Netizen Tanah Air selalu menunjukkan komentar kocak di dunia maya. Terbaru, netizen memberi nama Indonesia untuk penyerang Persib Bandung, David da Silva, andai dirinya mau naturalisasi untuk Timnas Indonesia. Hal ini menyusul nama pemain naturalisasi pemain Vietnam diubah dari Rafaelson Bezerra Fernandes jadi Nguyen Xuan Son.

Nama Indonesia yang diberikan netizen kepada David da Silva itu hadir setelah munculnya kabar dari Timnas Vietnam yang menaturalisasi penyerang Brasil, Rafaelson.

Baru-baru ini, Timnas Vietnam memang baru saja menuntaskan naturalisasi Rafaelson yang bermain untuk Nam Dinh FC.

David Da Silva (ligaindonesia.com)David Da Silva (ligaindonesia.com)

Naturalisasi itu dilakukan karena kebutuhan Timnas Vietnam akan penyerang baru. Kebetulan, Rafaelson tampil gacor sejak tiba di Liga Vietnam pada 2020 lalu.

Baca Juga: Pemain Keturunan Semarang Kalahkan Klub Liga Italia, Makin Dekat Gabung ke Timnas Indonesia vs China

Pasca dinaturalisasi, Rafaelson mendapat nama Vietnam, seperti pemain naturalisasi lainnya. Adapun nama Vietnam-nya sendiri adalah Nguyen Xuan Son.

Kabar ini pun kemudian menjadi perbincangan pecinta sepak bola Indonesia yang mayoritas heran kenapa Rafaelson harus mengubah nama menjadi nama Vietnam.

Penyerang naturalisasi milik Vietnam, Rafaelson yang kini bernama Nguyen Xuan Son. [Dok. Instagram/Rafaelson]Penyerang naturalisasi milik Vietnam, Rafaelson yang kini bernama Nguyen Xuan Son. [Dok. Instagram/Rafaelson]

Di samping itu, netizen pun membandingkan dengan David da Silva yang berminat dinaturalisasi. Andai penyerang Brasil itu dinaturalisasi, netizen ternyata punya nama Indonesia yang pas untuknya.

Dilihat dari kolom komentar akun @faktabola, netizen memilih memberikan nama Indonesia ‘Dadang’ untuk David da Silva jika dinaturalisasi.

“David Da Silva kalo Dinaturalisasi Indonesia namanya jadi Dadang,” bunyi komentar akun @c************on di unggahan @faktabola itu.

Baca Juga: Detik-detik Pemain Kunci STY 'Disenter' Mitsuru Maruoka Hingga Kolaps di Lapangan

“Dadang da silva??,” bunyi komentar akun @s**********8 di unggahan yang sama.

Nama ‘Dadang’ sendiri merupakan nama yang identik dengan Indonesia dan bahasa Sunda, bahasa yang dipakai mayoritas pendukung klub yang dibela David da Silva, yakni Persib Bandung.

Terlepas dari nama Indonesia yang diberikan netizen, David da Silva sendiri memang belum lama ini memberi kode ingin dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia.

“’Saya pikir akan menetap di sini (Indonesia). saya berharap saya bermain di tim nasional juga. Saya ingin memakai jersey tim nasional,” katanya, dikutip dari YouTube Transfermarkt Indonesia.

“Hai Shin Tae-yong, saya di sini. Saya pikiri tim nasional perlu banyak gol. Ini merupakan mimpi,” lanjut penyerang berusia 34 tahun itu.

Secara regulasi, eks Persebaya Surabaya itu hanya bisa membela Timnas Indonesia via jalur naturalisasi jika dirinya sudah menetap di Indonesia minimal lima tahun secara berturut-turut.

Sayangnya, David da Silva yang telah berkarier di Liga 1 sejak 2018, tak pernah tinggal di Indonesia selama lima tahun berturut-turut atau selama 10 tahun.

Dalam kurun waktu 2018 hingga 2024, David da Silva pernah berkarier meninggalkan Indonesia untuk berkarier di Korea Selatan (Pohang Steelers) dan Malaysia (Terengganu FC).

David da Silva baru kembali ke Indonesia pada akhir tahun 2021 lalu, sehingga sampai saat ini ia tercatat baru tinggal di Tanah Air kurang dari tiga tahun.

Dengan kondisi ini, David da Silva baru bisa dinaturalisasi pada secepat-cepatnya pada awal tahun 2027 mendatang, atau saat usianya sudah 37 tahun.

Maka bisa disimpulkan, mimpi David da Silva berseragam Timnas Indonesia bisa saja pupus akibat regulasi yang berlaku.

Secara kualitas, David da Silva merupakan penyerang top di Indonesia saat ini. Sejak berkarier di Liga 1 pada 2018 silam, ia telah mencetak 94 gol dan 12 assist dari 122 pertandingan.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #vietnam #ganti #nama #pemain #naturalisasi #nguyen #xuan #netizen #david #silva #jadi #dadang

KOMENTAR