Naturalisasi Pemain Keturunan Manado dan Ambon Dipercepat! Erick Thohir: Timnas Indonesia Punya Kekuatan Tambahan
Calon pesaing Ivar Jenner di Timnas Indonesia, Eliano Reijnders. [Dok. Instagram/@eliano.r]
09:24
22 September 2024

Naturalisasi Pemain Keturunan Manado dan Ambon Dipercepat! Erick Thohir: Timnas Indonesia Punya Kekuatan Tambahan

PSSI percepat naturalisasi pemain keturunan Manado dan Ambon demi menambah kekuatan Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan China dan Bahrai Oktober bulan depan.

Presiden Jokowi telah memberikan lampu hijau atas proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Proses pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) akan segera dilaksanakan di Den Haag, Belanda.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, optimistis proses ini dapat diselesaikan dalam waktu seminggu sehingga kedua pemain bisa langsung bergabung dalam skuad Garuda untuk menghadapi laga krusial melawan Bahrain dan China di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Simulasi Starting XI Timnas Indonesia Plus Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Gabung, Cuma Ada 1 Pemain Lokal

"Pak Presiden sudah tanda tangan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Jadi tinggal angkat sumpah di Den Haag. Jadi ada waktu satu minggu yang coba dikejar, mudah-mudahan kalau Mees Hilgers dan Eliano bisa, untuk lawan Bahrain dan China kita punya kekuatan tambahan," kata Erick Thohir di Jakarta Sabtu kemarin.

Dengan status sebagai WNI, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders perlu menyelesaikan proses perpindahan asosiasi sepak bola dari KNVB (Belanda) ke PSSI.

Mees Hilgers bentangkan bendera Merah Putih usai main untuk FC Twente. (TikTok/@indonesiasocccerteam)Mees Hilgers bentangkan bendera Merah Putih usai main untuk FC Twente. (TikTok/@indonesiasocccerteam)

Langkah ini merupakan syarat mutlak agar keduanya dapat mengenakan seragam Timnas Indonesia secara resmi.

PSSI tengah bergerak cepat untuk memastikan semua prosedur berjalan lancar dan tepat waktu.

Selain fokus pada proses naturalisasi, PSSI juga tengah mempersiapkan segala aspek teknis untuk menghadapi laga tandang melawan Bahrain dan China.

Baca Juga: Mauro Zijlstra Ramal Masa Depan Timnas Indonesia Bersama Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Akan Terjadi Apa?

Erick Thohir mengungkapkan bahwa pihaknya telah merancang jadwal perjalanan yang efisien untuk menghindari kelelahan pemain.

Eliano Reijnders saat berduel dengan Mees Hilgers. (Instagram/@eliano.r)Eliano Reijnders saat berduel dengan Mees Hilgers. (Instagram/@eliano.r)

Timnas Indonesia akan menggunakan pesawat komersial untuk penerbangan dari Indonesia ke Bahrain, sementara untuk perjalanan dari Bahrain ke China akan disewa pesawat khusus.

Target utama Timnas Indonesia adalah meraih poin penuh dalam salah satu atau bahkan kedua pertandingan tersebut.

Dengan tambahan kekuatan dari Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, diharapkan skuad Garuda dapat meningkatkan peluang lolos ke putaran keempat kualifikasi.

Meski begitu, Erick Thohir mengingatkan agar seluruh pemain tetap waspada dan tidak meremehkan kekuatan lawan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #naturalisasi #pemain #keturunan #manado #ambon #dipercepat #erick #thohir #timnas #indonesia #punya #kekuatan #tambahan

KOMENTAR