Megawati Hangestri Ukir Sejarah, Tim Voli Putri Jatim Putus Paceklik Medali Emas PON 24 Tahun
Megawati Hangestri saat memperkuat tim voli putri Jawa Timur di PON 2024 Aceh-Sumut. Tim voli putri Jawa Timur mengalahkan DKI Jakarta 3-1 dan lolos ke babak final, Rabu (18/9/2024). 
18:40
19 September 2024

Megawati Hangestri Ukir Sejarah, Tim Voli Putri Jatim Putus Paceklik Medali Emas PON 24 Tahun

- Megawati Hangestri mengukir sejarah manis meraih keping medali emas pertama dan terakhirnya di ajang Pekan Olahraga Nasional. PON 2024 menjadi momen fantastis bagi pevoli berjuluk Megatron itu.

Tim Jawa Timur (Jatim) bersama Megawati Hangestri menyabet keping medali tertinggi setelah mengalahkan Jawa Barat (Jabar) pada partai final voli putri PON 2024 di GOR Sumut Sport Center, Deli Serdang, Kamis (19/9/2024).

Tim voli Jatim membungkam Jabar yang diperkuat oleh Tisya Amallya, Ratri Wulandari hingga Alya Anastasya lewat skor 1-3 (25-22, 23-25, 23-25 dan 23-25).

Sebagai informasi, ini menjadi keping medali emas pertama tim voli Jatim di PON dalam kurun waktu 24 tahun terakhir.

Terakhir kali tim putri Jawa Timur meraih medali emas dari cabor voli indoor pada PON tahun 2000 saat Surabaya sebagai tuan rumah.

Megawati Hangestri saat memperkuat tim voli putri Jawa Timur di PON 2024 Aceh-Sumut. Tim voli putri Jawa Timur mengalahkan DKI Jakarta 3-1 dan lolos ke babak final, Rabu (18/9/2024). Megawati Hangestri saat memperkuat tim voli putri Jawa Timur di PON 2024 Aceh-Sumut. Tim voli putri Jawa Timur mengalahkan DKI Jakarta 3-1 dan lolos ke babak final, Rabu (18/9/2024). (Istimewa)

Sedangkan bagi tim voli Jawa Barat, skuad asuhan Risco Herlambang gagal menjaga tren medali emas yang diraih pada PON tiga edisi terakhir.

Tim voli putri Jabar selalu menjadi juara saat PON 2012, 2016, dan 2021. Namun rentetan itu berhenti pada edisi kali ini.

Khusus bagi Megawati Hangestri, keberhasil meraih medali emas PON 2024 merupakan capaian bersejarah.

Sebab di ajang Pekan Olahraga Nasional, ini merupakan capaian terbaik, setelah di edisi 2021 langkah tim voli Jatim terhenti di fase grup.

Dan yang paling prestise bagi pevoli asal Jember Jawa Timur tersebut, PON 2024 merupakan ajang terakhir baginya. Sebab di PON edisi selanjutnya, Megawati Hangestri sudah tidak bisa berpartisipasi karena terganjal batasan usia.

Saat ini Megatron berusia 24 tahun. Sedangkan batasan usia pevoli yang tampil di PON adalah berumur 25 tahun.

Seperti yang disampaikan oleh teman Megawati di tim voli Bank Jatim, Rianita Panirwan Hastia, PON 2024 merupakan pencarian medali emas terakhir untuk Megatron.

"Ini kan PON terakhir Mega juga kebetulan," terang Rianita, saat dihubungi Tribunnews, Rabu (18/9/2024) sore WIB.

"Jadi bapak Kapolda sangat antusias dan berusaha keras untuk mengusahakan (Megawati) bisa perkuat tim (Jawa Timur)," tambah Rianita.

Hasil ini semakin menambah manis catatan Megawati di tahun 2024. Di tahun ini, dia berhasil meraih gelar juara Proliga pertama saat membantu Jakarta BIN mengalahkan Jakarta Electric PLN di laga final.

Sedangkan pada gelaran PON 2024, Megawati juga pecah telur medali emas pertama dan terakhir. Tak salah jika menyebut PON Aceh-Sumut menjadi momen manis bersejarah yang tak bisa dilupakan bagi Mega.

Setelah sukses ini, Megawati akan kembali bergabung ke Daejeon JungKwanJang Red Sparks.

Rianita membocorkan informasi tanggal kembalinya Megawati ke Korea Selatan. Diketahui pevoli berjuluk Megatron itu berangkat lagi ke Negeri Ginseng pada 21 September.

"Ya setelah PON (final voli putri), Mega langsung kembali (ke Korea bergabung Red Sparks). Untuk waktunya di antara tanggal 20-21 September nanti," terangnya mengakhiri.

(Tribunnews.com/Giri)

Editor: Muhammad Nursina Rasyidin

Tag:  #megawati #hangestri #ukir #sejarah #voli #putri #jatim #putus #paceklik #medali #emas #tahun

KOMENTAR