Tiba-tiba Jago! Timnas Indonesia Masuk 10 Tim Termahal di Asia, Cek Posisinya
Timnas Indonesia masuk daftar 10 tim termahal Asia. (Instagram Jay Idzes)
11:06
10 September 2024

Tiba-tiba Jago! Timnas Indonesia Masuk 10 Tim Termahal di Asia, Cek Posisinya

Berdasarkan update per September 2024 dari Transfermarkt, Timnas Indonesia masuk 10 besar tim dengan nilai pasar tertinggi di Asia.

Meski bukan jadi landasan utama untuk mengukur kualitas sebuah tim, harga pasar ini bisa menjadi gambaran bagaimana tim nasional tersebut dihuni oleh pemai-pemain dengan kualitas atas.

Bagi Timnas Indonesia, harga pasar yang meroket dalam beberapa waktu terakhir tidak terlepas dari hadirnya para pemain keturunan yang mentas di Eropa.

Lantas, negara Asia mana saja yang punya harga pasar tertinggi.

Baca Juga: Timnas Indonesia Punya Rekor Buruk Lawan Australia, Shin Tae-yong: Percaya Pada Kami

1. Jepang

Tim Samurai Biru masih memegang status sebagai tim nasional dengan harga pasar yaitu 276,13 juta euro atau setara Rp 4,7 triliun. Takefuso Kubo jadi pemain termahal Jepang saat ini dengan nilai 50 juta euro atau Rp 854 miliar.

2. Korea Selatan

Di urutan kedua ada Korea Selatan dengan taksiran harga pasar sebesar 168,53 juta euro atau Rp 2,8 triliun. Son Heung-min dan Kim Min-jae menjadi pemain termahal dari skuad Taeguk Warriors dengan 45 juta euro atau Rp 769,11 miliar.

3. Iran

Baca Juga: Kisah Andik Vermansah, Dulu Penjual Es Sempat Jadi Generasi Emas Timnas Indonesia Kini Hidupnya Berbalik 180 Derajat

Cukup jauh jarak antara peringkat satu-dua dengan Iran yang menduduki peringkat ketiga sebagai tim termahal di Asia. Harga pasar Iran ditaksir 46,35 juta euro atau Rp 795 miliar. Mehdi Taremi yang baru bergabung ke Inter, menjadi pemain termahal dengan 10 juta euro.

4. Australia

Menurut Transfermarkt, total harga pasar pemain Australia saat ini 43,23 juta euro atau Rp 751,3 miliar. Pemain termahal Australia disandang oleh bek Parma berusia 20 tahun, Alessandro Circati, dengan nilai pasar 8,5 juta euro atau 147,7 miliar.

5. Uni Emirat Arab

Di posisi kelima dihuni oleh Uni Emirat Arab dengan nilai pasar 35,80 juta euro atau Rp 611 miliar. Dua pemain termahal UAE saat ini disandang oleh Fabio Lima dan Ali Saleh dengan harga pasar 7 juta euro.

6. Uzbekistan

Negara Asia yang sepak bolanya sedang bangkit ini menempati posisi keenam termahal dengan harga pasar 35,25 juta euro atau Rp 602 miliar.

7. Arab Saudi

Lawan terbaru Timnas Indonesia ini memang mayoritas diperkuat pemain dari liga lokal, tapi harga pasar Arab Saudi ada di posisi tujuh termahal dengan 29,33 juta euro Rp 501 miliar.

8. Qatar

Negara yang sering diuntungkan ketika tampil di kandang sendiri ini punya nilai pasar 19,98 juta euro atau Rp 341 miliar.

9. Timnas Indonesia

Skuad Timnas Indonesia ditaksir bernilai pasar Rp 290,7 miliar. Untuk pemain termahal saat ini di Timnas Indonesia adalah Thom Haye yang berstatus belum memiliki klub. Harga pasarnya ada di angka 30 juta euro atau sekitar Rp 52 miliar.

10. Yordania

Menutup daftar 10 tim termahal di Asia ada Yordania yang ditaksir punya nilai pasar skuad 16 juta euro atau Rp 273 miliar.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #tiba #tiba #jago #timnas #indonesia #masuk #termahal #asia #posisinya

KOMENTAR