Prestasi Super Jelek Vietnam di Piala Asia 2023 Usai Dihancurkan Timnas Indonesia
Cuplikan laga antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023. (pssi.org)
17:24
21 Januari 2024

Prestasi Super Jelek Vietnam di Piala Asia 2023 Usai Dihancurkan Timnas Indonesia

Timnas Vietnam harus mengakhiri perjalanan di Piala Asia 2023 setelah dikalahkan 0-1 oleh Timnas Indonesia pada matchday 2 Grup D.

Asnawi Mangkualam mencetak gol lewat penalti, membuat Vietnam kesulitan dan bermain dengan 10 pemain di babak kedua.

Kekalahan itu bukan yang pertama bagi Vietnam. Sebelumnya, pada matchday 1 Grup D Piala Asia 2023, mereka juga dikalahkan oleh Jepang.

Vietnam sempat membuat kesulitan Jepang dengan menahan mereka 2-2 awalnya, tetapi kemudian Jepang tak terbendung dan memenangkan pertandingan dengan skor 4-2.

Meski Timnas Vietnam masih memiliki satu pertandingan terakhir di Grup D Piala Asia 2023 melawan Timnas Irak, jika mereka menang, Vietnam hanya bisa menempati posisi keempat di klasemen grup.

Hal ini disebabkan oleh perhitungan head-to-head yang akan membuat Vietnam kalah melawan Timnas Indonesia dan juga Jepang.

Ini artinya, Vietnam merupakan tim pertama dari ASEAN yang tersingkir dari Piala Asia 2023.

Tim ASEAN Ada yang Masih Bertahan

Setelah Timnas Vietnam tersingkir, Timnas Indonesia tetap bertahan di Piala Asia 2023 dan masih memiliki peluang untuk masuk ke babak 16 besar.

Pada laga terakhir Grup D, skuad Garuda akan menghadapi Jepang.

Selain itu, Timnas Thailand juga masih bertarung dan menjadi pemuncak klasemen sementara Grup F setelah menang 2-0 atas Kirgistan dalam laga pertama.

Namun, situasi berbeda bagi Malaysia yang berada di dasar klasemen Grup E setelah mengalami kekalahan 0-4 dari Yordania dalam laga pertama.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #prestasi #super #jelek #vietnam #piala #asia #2023 #usai #dihancurkan #timnas #indonesia

KOMENTAR