Janji PBVSI untuk Musim 2025 setelah Timnas Voli Putra Indonesia Babak Belur Dihajar Thailand
Penggawa Timnas voli putra Indonesia saat menghadapi Thailand di match pamungkas SEA V League 2024 putaran II di GOR UNY, Yogyakarta, Minggu (25/8/2024) malam WIB. Indonesia kalah 3-1 
11:30
26 Agustus 2024

Janji PBVSI untuk Musim 2025 setelah Timnas Voli Putra Indonesia Babak Belur Dihajar Thailand

- Ketua Umum PBVSI, Imam Sudjarwo berikan janji manis untuk menata kalender musim 2025 setelah Timnas voli putra Indonesia babak belur dihajar Thailand di SEA V League 2024. Sebagai akibatnya, Rendy Tamamilang dkk. kehilangan gelar juara.

Timnas voli putra Indonesia kehilangan gelar juara SEA V League yang diraih tahun 2023 dalam dua putaran. 

GOR UNY, Yogyakarta menjadi saksi bisu kekalahan kedua Timnas voli putra Indonesia atas Thailand di SEA V League 2024, Minggu (25/8).

Nyaris saja tidak cukup. Kekalahan dengan skor 1-3 (20-25, 24-26, 25-22, 26-28) membuat Timnas voli putra Indonesia finis di bawah Thailand pada leg kedua.

Para penggawa Timnas voli putra Indonesia saat menghadapi Thailand di match terakhir SEA V League 2024 putaran II di GOR UNY, Yogyakarta, Minggu (25/8/2024) malam WIB. Para penggawa Timnas voli putra Indonesia saat menghadapi Thailand di match terakhir SEA V League 2024 putaran II di GOR UNY, Yogyakarta, Minggu (25/8/2024) malam WIB. (Laman resmi SAVA)

Skuad asuhan Li Qiujiang juga menjadi runner-up di leg pertama. Kekalahan 0-3 dari Thailand di laga akbar yang kepagian menjadi penyebabnya

Kiprah Timnas Indonesia di SEA V League 2024 pun berakhir dengan nilai "tidak memuaskan".

Fokus voli Indonesia tidak lagi di Asia Tenggara melainkan Asia, setidaknya untuk timnas putra yang jadi King of ASEAN berkat hattrick di SEA Games.

Akan tetapi, realitanya bak jauh panggang dari api. Tahun ini publik justru dipaksa mengelus dada ketika ekspektasi sudah meninggi.

Kekecewaan makin meninggi karena Timnas tak pernah tampil dalam kondisi maksimal kendati waktu persiapan yang mepet bukan isu baru.

PBVSI pun merespons dengan mengumbar janji manis untuk menata musim 2025, mulai dari Proliga hingga event Internasional yang akan diikuti. 

"Kami ambil yang sifatnya (nasional, red) untuk kayak Proliga sudah maju mulai bulan Januari sampai bulan Mei," terang Imam Sudjarwo, dikutip dari laman BolaSport.

"Nah setelah bulan Juni, itu sudah pertandingan yang sifatnya internasional seperti AVC Challenge, kemudian ada SEA V League, kemudian ada event-event yang lain."

"Ada lima event internasional yang akan kami laksanakan ke depan, tim putranya 5 (event), tim putrinya 4 (event)."

Imam berharap pengaturan jadwal yang lebih efektif dan efisien bisa berdampak bagus terhadap persiapan untuk agenda tim nasional.

"Jadi dengan pengaturan seperti itu, mudah-mudahan efektivitas persiapan untuk latihan lebih panjang," sahut Imam.

"Kalau kemarin bukan salah kami karena pemberitahuannya terlambat sehingga Proliga mundur untuk menghindari bulan puasa."

"Nah (rencananya) kami sebelum bulan puasa Proliga itu kita sudah habiskan dulu untuk babak penyisihan. Nah setelah puasa, itu final four dan grand final.

"Sehingga kita enggak ada masalah lagi dalam pengaturan jadwal."

Ketum PBVSI soal kehilangan mahkota juara SEA V League 2024 dan kekalahan dari Thailand, menurutnya karena faktor kurang beruntung.

"Saya sangat optimistis, di SEA Game lawan kita cuma Thailand," ucapnya lagi.

Thailand menguasai SEA V League baik di sektor putra dan putri. Di sektor putri, Thailand masih tak terbendung dengan 14 medali emas beruntun sejak 1995-2023.

Keuntungan yang dimiliki Thailand makin besar di SEA Games 2025 karena status sebagai tuan rumah. Tahun depan, gantian Indonesia yang bertamu ke sana.

"Oke kita sudah tahu kelemahan dia lah. Kita masih bisa," kata Imam.

"Dan kita masih ada yang anak-anak muda, kita gabungkan dengan ini (timnas di SEA V League). Misalnya nanti kita masih bisa (emas) yang keempat kalinya, nanti kita ambil," pungkasnya.

(Tribunnews.com/Giri)(BolaSport/Ardhianto Wahyu)

Editor: Sri Juliati

Tag:  #janji #pbvsi #untuk #musim #2025 #setelah #timnas #voli #putra #indonesia #babak #belur #dihajar #thailand

KOMENTAR