Momen Ceria Elite 'Beringin': Agus Gumiwang Sebut Bahlil Sebagai Ketum, Disambut Seloroh Pelantikan Rasa Munas Golkar
Bahlil Lahadalia saat menghadiri agenda pelantikan sebagai menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)
14:08
19 Agustus 2024

Momen Ceria Elite 'Beringin': Agus Gumiwang Sebut Bahlil Sebagai Ketum, Disambut Seloroh Pelantikan Rasa Munas Golkar

Aura ceria terlihat jelas dari jajaran elite Partai Golkar yakni Agus Gumiwang Kartasasmita atau AGK dan Bahlil Lahadalia usai pelantikan menteri oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Diketahui, pada Senin (19/8/2024) hari ini, Presiden Jokowi melantik sejumlah menteri, salah satunya adalah Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Nah, usai pelantikan itu, tak sungkan Plt Ketum Golkar yakni Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut sembari gestur menunjuk Bahlil sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Pantauan , sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM) terlihat menyalami Bahlil dan menteri, wakil menteri serta kepala badan yang baru saja dilantik Jokowi. Termasuk AGK yang terlihat memberikan ucapan selamat kepada Bahlil.

Baca Juga: Malam Ini Daftar, Bahlil Jawab Kemungkinan Besok Sudah Jadi Ketua Umum Golkar

Keduanya nampak memberikan gesture saling hormat dan melakukan salam komando sambil tersenyum. Setelah itu AGK berseloroh menujuk dirinya sebagai Plt. Ketua Umum atau Ketum Golkar yang kemudian menujuk Bahlil dengan menyebut sebagai Ketum selanjutnya.

"Plt. Ketua Umum. Ketua Umum," ujar AGK sembari menunjuk Bahlil.

Dalam acara tersebut, terlihat pula Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) sekaligus mantan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Nampak Airlangga menghampiri Bahlil untuk memberikan ucapan selamat seraya cepika-cepiki.

Sebelum dilantik sebagai Menteri ESDM, Bahlil sempat berkelakar menyebut suasana pelantikan di Istana Negara ini mirip acara musyawarah nasional atau Munas Partai Golkar.

Momen tersebut bermula ketika awak media 'menggoda' Bahlil dengan panggilan 'Pak Ketum'. Bahlil saat itu hanya tersenyum dan menegaskan acara hari ini merupakan pelantikan menteri.

Baca Juga: Lewat Reshuffle Kabinet, Elite PDIP Bongkar 3 Agenda Terselubung Jokowi Sebelum Lengser

Namun tak lama setelah itu, ia baru berseloroh,
"Suasananya kok seperti Munas Partai Golkar," kata Bahlil.

Seusai pelantikan, awak media sempat mengonfirmasi kembali maksud pernyataan Bahlil tersebut. Bahlil berdalih itu hanya sekadar berkelakar.

"Biasalah itu. Ini pelantikan menteri ini bukan munas ini ya," kata dia.

Di sisi lain, Bahlil juga memastikan dirinya akan mendaftarkan diri sebagai Calon Ketua Umum Partai Golkar pada Senin (19/8/2024) malam ini.

"Nanti malam. Ambil formulir. Daftar dong," katanya.

Saat ditanya seberapa yakin ia bisa terpilih, Bahlil menyebut hanya Allah yang Maha Mengetahui.

"Wallahu a'lam bishawab (Allah yang Maha Mengetahui)," ucapnya.

Hari ini Jokowi resmi melantik tiga menteri, satu wakil menteri, dan tiga kepala badan. Mereka di antaranya;

  1. Menteri ESDM Bahlil Lahadalia
  2. Menteri Hukum dan HAM atau Menkumham Supratman Andi Atgas
  3. Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani
  4. Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Angga Raka Prabowo
  5. Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana
  6. Kepala Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi
  7. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM Taruna Ikrar

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #momen #ceria #elite #beringin #agus #gumiwang #sebut #bahlil #sebagai #ketum #disambut #seloroh #pelantikan #rasa #munas #golkar

KOMENTAR