Kawal Rekan Partainya ke Istana, Dasco Gerindra Ungkap Siapa Saja yang Dilantik Jokowi Hari Ini
Ketua Harian Partai Gerindra Dasco Ahmad saat menyampaikan keterangan kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/8/2024). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)
09:36
19 Agustus 2024

Kawal Rekan Partainya ke Istana, Dasco Gerindra Ungkap Siapa Saja yang Dilantik Jokowi Hari Ini

Ketua Harian Partai Gerindra Dasco Ahmad mengantar beberapa rekan dari partainya yang akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi menteri maupun kepala badan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/8/2024) hari inin.

Dalam pernyataannya, Dasco menjelaskan bahwa reshuffle kabinet yang dilakukan bertujuan untuk memuluskan transisi pemerintahan dengan menyinkronkan berbagai aspek agar pemerintahan baru dapat berjalan lancar.

"Ada banyak hal yang perlu disinkronisasi, sehingga ada beberapa yang kemudian kita minta agar ada percepatan untuk lancarnya sinkronisasi untuk masuk pemerintahan baru," katanya dikutip dari Antara, Senin (19/8/2024). 

Ketika ditanya mengenai penunjukan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Dasco menyatakan bahwa penambahan jabatan ini diperlukan mengingat cakupan Kementerian Kominfo yang sangat luas.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Hari Ini, PDIP soal Menteri Yasonna Laoly Kena 'Bidik' Jokowi: Kami Gak Masalah!

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. [Suara.com/Rakha Arlyanto]Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. [Suara.com/Rakha Arlyanto]

Menurutnya, dengan adanya tambahan wakil menteri, fungsi-fungsi di Kementerian Kominfo dapat berjalan lebih efektif.

"Ada penambahan karena Kominfo itu cakupannya begitu luas, ada empat dirjen di bawah menteri, sehingga kami kaji perlu ada penambahan wamen supaya fungsi kominfo dapat berjalan seperti yang kita harapkan," ujarnya.

Menanggapi kritik bahwa reshuffle dalam dua bulan terakhir dianggap tidak efektif, Dasco menjelaskan bahwa perubahan yang dilakukan justru pada posisi-posisi penting yang membutuhkan sinkronisasi agar pemerintahan baru dapat beroperasi dengan lebih efisien.

"Reshuffle di 2 bulan terakhir justru di tempat-tempat yang memang penting, sangat perlu sinkronisasi supaya pemerintahan baru bisa berjalan langsung dengan efektif," katanya.

Jokowi Ganti Menteri Baru

Baca Juga: Jokowi Lantik Menteri Baru Hari Ini, Yasonna Laoly Pasrah!

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi melantik sejumlah menteri dan kepala badan di Istana Negara, Jakarta, Senin hari ini.

"Hari ini, Senin, tanggal 19 Agustus 2024, pukul 09.30 WIB, Bapak Presiden diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima presiden terpilih yang juga Menhan Prabowo Subianto di Istana Negara Jakarta, Jumat (5/4/2024). (foto dok. Prabowo)Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima presiden terpilih yang juga Menhan Prabowo Subianto di Istana Negara Jakarta, Jumat (5/4/2024). (foto dok. Prabowo)

Ari mengatakan menteri dan kepala badan yang akan dilantik Presiden adalah Menteri Hukum dan HAM, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Investasi, Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Terkait siapa nama-nama menteri, wakil menteri dan kepala badan yang akan dilantik, Ari meminta wartawan menunggu pelantikan resmi di Istana nanti.

Sebelumnya beredar informasi di kalangan wartawan mengenai perombakan kabinet yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo Senin hari ini.

Salah satu menteri yang akan diganti yakni Menkumham Yasonna Laoly menyatakan dirinya lebih dari siap untuk diganti.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #kawal #rekan #partainya #istana #dasco #gerindra #ungkap #siapa #saja #yang #dilantik #jokowi #hari

KOMENTAR